SKPD Terapkan Open Office



Lumajang, Memo
Kemajuan teknologi informasi yang pesat serta pemanfaataanya secara luas telah membuka peluang bagi bagi pengaksesan pengelolaan dan pendayagunaan dalam volume yang besar secara cepat dan akurat, sehingga Tehnologi Informasi dan Komunikasi ( TIK ) sangatlah berperan penting bagi kehidupan manusia.
Sejumlah peserta Bintek
Selain sebagai salah satu media informasi, juga dapat mempercepat komunikasi dan juga mempermudah manusia dalam menyelesaikan segala macam urusan. Hal ini disampaikan oleh Kepala Bagian Humas Setda Kabupaten Lumajang Drs. Eddy Hozayni pada saat membuka Bimbingan Tehnik Operator Internet SKPD.
Pelaksanaan Bintek kali ini bertempat di Ruang Arjuno, Hotel Graha Mulia Lumajang, yang diikuti seluruh tenaga operator internet SKPD sebanyak 80 orang. “jadi bintek ini kita laksanakan dalam waktu sehari,” ujar Eddy.
Bimbingan Tehnik ini adalah sebagai tindak lanjut dari Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara tentang Pemanfaatan Perangkat Lunak Legal dan Open Source Software ( OSS) di lingkungan SKPD.
Hal ini adalah untuk mempercepat penggunaan perangkat lunak legal di Indonesia, dimana pada tanggal 30 juni 2004 telah ditanda tangani 5 menteri ( Menpan, Menriset, Mendiknas, Menhum dan HAM serta Menkominfo ).
Telah dideklarasikan Go Open Source atau IGOS-I, maka diwajibkan kepada Instansi Pemerintah untuk menggunakan perangkat lunak open source, guna menghemat anggaran pemerintah.
Untuk kegiatan ini, Humas Pemkab Lumajang menggandeng CV. Venus Mediatama sebagai nara sumber kegiatan tersebut diatas, dan diharapkan dengan dilaksanakan bimtek ini agar semua SKPD mulai sekarang menerapkan sistem open office di kantornya masing-masing.
“Semoga ini akan memberi manfaat bagi para peserta yang mengikuti Bintek. Nantinya, saya berharap bisa diterapkan sesuai dengan apa yang didadap,” kata Eddy kepada sejumlah wartawan saat itu.(ami/hms)