KB MKJP jadi Proyek Percontohan

Lumajang, Memo_Memasuki pertengahan tahun 2015, program Keluarga Berencana (KB) melalui Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) di wilayah Kabupaten Lumajang, khususnya di Desa Tegal Bangsri, Kecamatan Ranuyoso, Desa Wonokerto, Kecamatan Gucialit, Desa Kebonagung, Kecamatan Sukodono dan Desa Yosowilangun Kidul, Kecamatan Yosowilangun, mengalami peningkatan secara siginifikan.
Bupati Lumajang

Keterangan ini disampaikan oleh Bupati Lumajang, Drs. H. As’at Malik dalam acara pertemuan pembentukan Tim KB Kecamatan yang berlangsung di ruang Nararya Kirana Lantai 3 gedung pemerintah Kabupaten Lumajang kemarin lusa.

Keberhasilan 4 Tim KB Desa itu, sangatlah berarti dalam pembangunan pemerintah Kabupaten Lumajang. Apalagi, keberhasilannya itu sudah menjadi proyek percontohan bagi desa-desa yang lain dalam rangka mewujudkan Laju Pertumbuhan Penduduk (LPP) yang seimbang. ”Program KB itu merupakan komponen penting dalam menentukan LPP,” ungkap Bupati As’at Malik.

Menurutnya, sebesar apapun hasil pembangunan di Kabupaten Lumajang, manfaatnya tidak akan dapat dinikmati secara merata oleh masyarakat, jika LPP tinggi alias tidak seimbang. Diharapkan, Tim KB Kecamatan yang sudah terbentuk ini, bisa dan mampu melaksanakan program KB MKJP, sehingga LPP berhasil diseimbangkan.

Batu Bulu Macan jadi Primadona Walau Mahal

Tidak cukup itu, Tim KB Kecamatan juga harus bisa menurunkan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB). ”Setiap kehamilan, harus disesuaikan dengan rencana yang dinginkan, sehingga dalam proses persalinannya, ibu yang mengandung benar-benar sudah siap,” ungkapnya lagi.

Masih kata Bupati As’at, keberhasilan dari 4 Tim KB Desa dalam mengenalkan dan mengedukasi masyarakat tentang pentingnya ber-KB, akan semakin maksimal dengan keberadaan Tim KB Kecamatan. “Kami berharap Tim KB Kecamatan terus melakukan fasilitasi, pembinaan dan pengawasan pada TIM KB di masing-masing desanya, agar LPP seimbang AKI dan AKB juga menurun. Apabila hal ini benar-benar dilakukan secara maksimal, kami yakin program KB MKJP akan berhasil,” pungkas Bupati As’at Malik. (cho)