Pabrik WCN Terbakar Dinihari

Lumajang, Memo_Pabrik Triplek Wahana Cahaya Nugraha (WCN), yang terletak di Dusun Krajan Timur, Desa Karanganom, Kecamatan Pasrujambe, ludes terbakar oleh si jago merah.  Sebuah gudang tempat proses pembuatan triplek ludes terbakar, sementara sebuah gudang tempat penyimpanan triplek juga habis dilalap si jago merah.
pabrik kayu terbakar habis

Tidak hanya itu, sejumlah mesin pemotongan kayu berskala besar, sejumlah mesin perapian dan sejumlah dinamo juga hangus terbakar jadi abu. Akibat kebakaran ini, Pabrik WCN diperkirakan mengalami kerugian mencapai milyaran rupiah.

Tugas Supriyono, personalia Pabrik WCN kepada Memo mengatakan, peristiwa ini terjadi sekitar pukul 01.00 WIB. Saat itu dirinya mendapatkan informasi, jika di Gudang Perapian tempat open muncul asap tebal hitam membumbung tinggi di atas pabrik. Mendapat laporan itu, dirinya bersama beberapa petugas keamanan pabrik memeriksanya. Ternyata benar, api sudah mulai menjalar ke dinding serta ke atas atap pabrik.

“Saya bersama Satpam dan belasan karyawan langsung menyiramkan ke titik api dengan alat seadanya. Namun upaya memadamkan kobaran api tidak berhasil, justru api semakin membesar dan merambat kemana-mana,” tutur Tugas.

Karena panik dan bingung, khawatir api merambat kemana-mana, apalagi kala itu angin cukup kencang, dirinya kata Tugas Supriyono, langsung menghubungi semua waker WCN, Kepala Desa Karanganom, Polsek Pasrujambe, Koramil Pasrujambe serta Pemadam Kebakaran (PMK) Kabupaten Lumajang.

Sejam kemudian, hampir bersamaan petugas dari PMK dan Polsek Pasrujambe tiba di lokasi dan bersama-sama berusaha memadamkan kobaran api. “Pokoknya petugas PMK bersama Polsek dan Koramil melakukan pemadaman dari dalam, sedang kami bersama belasan karyawan dan warga melakukan pemadaman dari sisi luar dengan menggunakan alat seadanya, seperti timba kaleng cat dan plastik dan airnya mengambil dari sumur warga,” ungkapnya.

Alhamdulillah, meski tergolong rumit untuk memadamkan kobaran api, sekitar pukul 04.30 WIB., kobaran api di tiga gudang berhasil dipadamkan, meski sebagian gudang dan isinya sudah menjadi abu.

“Sekarang tinggal 1 gudang lagi yang masih belum berhasil dipadamkan Mas. Karena posisinya sulit dimasuki oleh kendaraan PMK, selain banyak tumpukan triplek dan kayu di sekitar kolam air pendingin mesin perapian,” ungkapnya lagi.

Tukan Sayur Dibabat Celurit, Vario Dirampas

Kapolsek Pasrujambe, AKP Ahmad Sutiyo kepada Memo mengatakan, hingga saat ini pihaknya bersama Koramil dan PMK dibantu karyawan dan warga, masih terus melakukan pemadaman terhadap kobaran api di satu gudang sebelah barat itu.

”Barang-barang yang berada di dalamnya sudah berhasil dikeluarkan. Mudah-mudahan sebentar lagi berhasil dipadamkan. Kami juga sudah membentuk Tim Khusus untuk melakukan penyelidikan, guna mengungkap penyebab terjadinya kebakaran pabrik WCN ini. Tidak ada korban jiwa dalam kebakaran ini, ngomong kerugian pasti milyaran Mas,” tegas Kapolsek Pasrujambe. (cho)