Parmin Ras Banyak Mendapat Perhatian Dahlan Iskan


Lumajang, Memo
Parmin Ras, seniman asal Lumajang
Seniman asal Kabupaten Lumajang, Parmin Ras, ternyata tak lepas dari perhatian Dahlan Iskan, mantan Co Jawa Pos Group yang saat ini menjabat sebagai menteri Negara BUMN. Bahkan Parmin ras saat ini telah menembus dunia Internasional dan banyak diundang dalam festival seni level dunia.
Bahkan, tak lama lagi parmin Ras bersama istri dan seorang kawannya, akan berangkat  ke Bern, Swis untuk mengikuti Asian Amazing Festival. Ia datang sekaligus menghadiri undangan duta besar RI disana. Di Swis, Parmin ras akan memperkenalkan kesenian topeng kali wungu ke tingkat internasional.
Sementara itu, menurutnya banyak kenangan yang ia dapat dari perhatian dahlan Iskan, ketika tahun 1997, saat hendak menghadiri undangan festival di London-Inggris, dirinya sempat mengajukan proposal ke Jawa Pos.
Dahlan Iskan yang waktu itu menjabat sebagai direktur koran terbesar di Indonesia langsung menyanggupi untuk membiayainya."Waktu itu, yang memberikan biaya ibu Nani Wijaya," jelasnya sambil tersenyum mengenag peristiwa 15 tahun silam.
Parmin menganggap kepedulian soal kesenian, Dahlan Iskan tidak perlu dipertanyakan lagi. Apalagi bagi pelaku kesenian di Jatim dan Indonesia,  diberikan kolom sendiri dimedianya."Dulu saya saat manggung di London, Jawa Pos juga memberitakan," ungkap Parmin.
Ketika mengikuti festival kesenian di London selama 10 hari, juga memberikan workshop. Bahkan, saat di London, parmin sempat mengaku kehabisan bekal, sehingga harus bekerja sebagai kuli dan tenaga kebersihan di supermarket.
"Sejak dari london itulah, saya kerap mendapat undangan hadir difestival di luar negeri," jelasnya. Kini Parmin kerap mendapat undangan tampil diberbagai festival kesenian di dunia seperti Jepang, New York, Paris dan lainya. "Saya selalu tampil all out disetiap festival maupun diundang teman atau siapapun," pungkasnya.(ami)