Ada Kemungkinan IP Diusung 3 Partai



Lumajang, Memo
            Jelang pendaftaran calon bupati dan wakil bupati Lumajang, pada tanggal 6 mendatang, sejumlah partai sudah bersiap-siap untuk memberikan dukungannya. Bahkan sejumlah calon juga semakin merapatkan diri ke sejumlah partai.
            Jumat (1/2) sore,  Indah Pakarti, salah satu kandidat yang rencananya akan maju, menggelar pertemuan dengan sejumlah kader partai Gerindra. Tidak hanya gerindra, pertemuan yang di gelar di RM Pondok Asri ini, juga dihadiri oleh ketua DPC Hanura dan PKPB.
            Kata Gatot, ketua DPC Gerindra, partainya belum memberikan rekom ke siapapun termasuk ke IP. Namun, pertemuan kali ini hanya sebatas silaturahmi antara kader dan pengurus gerindra.
            Dari tujuh nama yang diajukan ke DPD dan DPP, kini nama yang diusulkan telah mengkerucut menjadi dua, yakni, Indah Pakarti dan Usman Efendi. Siapa yang akan mendapatkan rekom? Gatot mengaku, jika pada hari sabtu ia dan sejumlah pengurus akan ke DPD Jatim.
            Ia kembali menegaskan, jika komunikasi yang paling intens dari kedua calon hanyalah Indah Pakarti. Namun lagi-lagi ia tetap tidak berani menjamin akan adanya rekomendasi jatuh ke IP. “Siapa yang mendapat rekom, saya sendiri belum tahu,” kata Gatot.
            Meski demikian, Gatot menjamin jika sebelum pendaftaran, rekomendasi akan turun. Sehingga, calon tidak perlu khawatir soal itu. Selain Gerindra, Gatot mengaku telah menjalin komunikasi dengan Hanura dan PKPB.
            Namun secara politik Gatot tiodak berani menjamin apakah nanti Hanura dan PKPB akan sejalan dengan Gerindra dalam menentukan arah dukungannya. “Saya pribadi tidak bisa menjamin, komunikasinya karena kita bertiga adalah teman dekat,” jelasnya.
            Bahkan rencananya, akan ada koalisi dari ketiga partai ini. Walaupun akan ada koalisi, ternyata jumlah kursi dari kelima partai masih kurang untuk mengusung pasangan calon. “Kalau masalah itu, kita serahkan ke calon,” ujarnya lagi.
            Sementara itu, Arif, ketua DPC Hanura Lumajang, ketiak dikonfirmasi saat acara gerindra berlangsung, mengaku sudah melakukan komunikasi dengan beberapa calon termasuk Incumbent.
            Untuk arah dukungan kepada siapa, Hanura yang hanya memiliki satu kursi di DPRD ini, mengaku masih akan menggelar rapat kerja pada senin depan. Dari situlah nantinya akan diputuskan siapa yang akan diusung oleh Hanura. “Tunggu hasil raker,” tegas Arif.
            Meski demikian, sepertinya ada tanda-tanda jika Hanura akan mendukung IP. Pasalnya, jalinan komunikasi dengan IP lebih intens daripada beberapa calon lainnya.
            Yang menarik dalam pertemuan silaturahmi ini, ada banner bertuliskan silaturami dengan calon bupati. Disitu ada dua gambar calon, yakni Indah Pakarti dan Usman Efendi. Namun, gambar Usamn terlihat dicoret dengan tanda palang berwarna merah.
            Kata Gatot, saat itu memang dua kandidat yang diundang, Indah dan Usman. Inipun sesuai dengan arahan DPP jika minimal hartus mengusung dua kandidat. “Karena Usman tidak datang, maka oleh teman-teman gambarnya dicoret,” tegasnya lagi.(ami)