Selama Belum Ada BPD, PPS Hanya Diusulkan Kades



Lumajang, Memo
105 Panitia Pemilu Kecamatan (PPK) di 21 Kecamatan di Lumajang langsung bekerja dengan melakukan rapat pleno pemilihan ketua. Pasalnya, harus menjadi panitia seleksi Panitia Pemungutan Suara(PPS) untuk 205 desa dan kelurahan.
Komisioner KPUD Lumajang, Divisi Humas, Amin Bawazier mengatakan, pemilihan ketua di 21 PPK sudah rampung, karena harus menjadi panitia pembentukan PPS. Sehingga, peserta calon PPS tidak usah mendaftar ke KPU sesuai aturan. "Hal ini untuk efisiensi kerja," kata Amien di kantornya, kemarin siang.
Dia menambahkan, pendaftaran PPS dimulai tanggal 20 hingga 22 Nopember 2012 dengan surat pendaftaran diajukan Ke KPU melalui PPK. Untuk tes tulis dan wawancara dilakukan oleh komisioner KPU per dapil. "Jadi nanti dilakukan perdapil untuk efisiensi waktu dan kerja," ungkapnya.
Amin Bawazier, Divisi Humas KPUD Lumajang
Untuk salah satu syarat mendaftar menjadi PPS, harus disertai surat usulan dari Kades dan BPD. KPU Lumajang masih mengkonsultasikan ke KPU Propinsi Jatim dan ada surat legalisasinya.
Sekedar diketahui,Peraturan KPU No. 63 tahun 2009, pasal 13, ayat 3 , anggota PPS diangkat KPU Kabupaten/ Kota atas usul bersama Kepala Desa/ kelurahan dan Badan Pemusyawaratan Desa atau Dewan Kelurahan.
UU No 15 Tahun 2011 tentang Penyelenggara Pemilihan Umum.Pasal 44 ayat 2, anggota PPS diangkat oleh  KPU Kabupaten/ Kota atas usul bersama Kepala Desa/ Kelurahanan dan Badan Permusyawaratan Desa/ Dewan Kelurahan.
"Jadi kita menunggu petunjuk propinsi, karena sesuai tahapan PPS harus selesai pada akhir bulan Nopember," ungkap Amien.
Sementara itu, menurut anggota PPK Yosowilangun, Anwar Sanusi, PPS harus terbentuk, pada bulan Novemver ini. Pasalnya, pada tanggal 29 nanti, PPS sudah dilantik. “Tahapan rekruitmen PPS sudah kita dijalankan,” katanya. 
Bahkan terkait pembentukan PPS yang atas usulan Kepala desa dan BPD. Ketika, disuatu desa belum terbentuk BPD, maka calon PPS bisa diusulkan sepihak oleh Kades. “KPUD yang bertanggungjawab masalah ini, kita tinggal menjalankan saja,” katanya. (ami)