Tabrakan Beruntun 5 Orang Kritis


Lumajang, Memo
Gara-gara ngerem mendadak, MPU berwarna biru kombinasi Nopol N 522 VN yang dikemudikan oleh Suwarto (46), warga Dusun Krajan, RT 03, RW 16, Desa Grobogan, Kecamatan Kedungjajang, ahirnya di seruduk truk sayur Nopol P 9201 VX  yang dikemudikan oleh M. Alim (46), warga Dusun Sumberjoyo, Desa Kemendung, Kecamatan Muncar, Banyuwangi, yang meluncur searah dari belakangnya.
 Akibatnya, MPU nyungsep kekiri jalan sedang truk yang menabrak oleng kekanan. Parahnya, saat truk oleng kekanan dari arah berlawanan meluncur sebuah isuzu panther, dan tabrakanpun  kembali terjadi.
Peristiwa yang cukup menghebohkan warga sekitar terjadi dijalan raya Klakah di kilometer 17-18 pukul 04.00 Wib, saat warga sedang sibuk menunaikan sembahyang subuh. 
Ceritanya, pagi itu MPU dengan membawa 4 penumpang berjalan dari arah utara keselatan. Beberapa ratus meter sebelum melintas di depan Mapolsek Klakah, MPU tersebut mendadak berhenti untuk menaikkan penumpang. Hal ini membuat sopir truk bingung dan panic karena jarak keduanya sangat berdekatan sehingga hilang kendali, truk terus nyeruduk body MPU bagian belakang.
MPU terpelanting kekiri jalan dan nyungsep ke jurang tepi jalan, sedang truk setelah menabrak MPU langsung oleng kekanan. Saat truk oleng kekanan itulah dari arah selatan meluncur sebuah kendaraan isuzu panther Nopol N 499 YH yang dikemudikan oleh Adi Kuswanto (31), warga Desa Klakah, dan langsung bertabrakan.
“Saya melihat truk dan isuzu panther melintang ditengah jalan, sedang MPU  berada tepi jalan,” tutur Abdullah staf desa setempat.
Kejadian ini membuat warga sekitar kisruh dipagi hari, warga terus berlarian ke jalan untuk memberikan pertolongan terhadap para korban. Tiba disana, warga langsung berbagi tugas, sebagian warga mengevakuasi penumpang yang terjebak didalam MPU.
Warga yang lain mengevakuasi sopir truk dan sopir isuzu panther.  Tak lama kemudian, saat warga sibuk mengevakuasi para korban, petugas dari Mapolsek Klakah tiba dilokasi dan langsung bergabung bersama warga.
Satu persatu penumpang MPU berhasil dievakuasi dan dibawa ke teras rumah warga. Masing-masing penumpang MPU bernama Sumiati (60), warga Dusun Gunung Dulang, RT 23, RW 04, Desa Klakah, Tirai (55), warga Desa Klakah, Ratna Noviana (26), Warga Dusun Surabayan, Desa Klakah.
Dua penumpang lagi bernama Muslim (50), warga Desa Ranupakis, Klakah dan Suryo (50), warga Jalan Raya Olah Raga, Klakah.
Karena kondisi kelima penumpang MPU sangat memprihatinkan, saat itu juga petugas dari Mapolsek Klakah bersama warga terus melarikan kelima korban ke Rumah Sakit Dr. Haryoto Lumajang untuk mendapatkan perawatan dari pihak medis.
Sedang kondisi ketiga sopir hanya dirawat di Puskesmas terdekat, karena hanya mengalami lecet-lecet saja akibat terkena serpihan kaca kendaraan yang pecah. “Lima penumpang terpaksa dilarikan ke Rumah sakit karena kondisinya sangat memprihatinkan, sedang ketiga sopir hanya dirawat di puskesmas terdekat,” kata Abdullah.
Kondisi MPU mengalami ringsek berat pada body bagian belakang serta kaca pecah, truk ringsek pada body bagian depan pojok kiri serta body pintu lepas.  Sedang  kondisi isuzu panther juga mengalami rinsek berat pada bagian  depan. 
  Peristiwa pagi buta ini selain menghebohkan warga sekitar, juga membuat arus lalu lintas macet total. Baik  jalan menuju Lumajang Ke Surabaya ataupun sebaliknya. Sejam kemudian, setelah petugas bersama warga berhasil mengevakuasi ketiga kendaraan ketepi jalan, akhirnya arus lalu lintas berangsur-angsur normal.
Kasatlantas Polres Lumajang  AKP. Rony EY ketika dikonfirmasi Memo mengatakan, kasus kecelakaan TKP jalan raya Klakah itu masih dalam penanganan unit laka. Hasil olah TKP, penyebab kecelakaan tersebut di akibatkan karena kurang waspadanya dan kurang hati-hatinya sopir ketiga kendaraan itu sendiri. “Saat ini ketiga kendaraan tersebut sudah diamankan di Satlantas, sedang ketiga sopir masih dalam pemeriksaan ,” Ungkapnya (cw7)