Deklarasi Indah Datangkan Ribuan Massa


Lumajang, Memo
            Sudah ada tiga bakal pasangan calon Bupati dan wakil bupati Lumajang periode 2013-2018 yang telah melakukan deklarasi. Direncanakan, Minggu (3/3) Pasangan indah Pakarti dan Gus Kahfi, akan melakukan deklarasi.
            Kalai pertama yang melakukan deklarasi ialah pasangan Incumbent, selanjutnya pasangan ASA (Ali Mdhori dan Samsul Hadi) dan beberap waktu yang lalu adalah pasangan A-RIF (Agus Wicaksono dan Adnan Syarif). Jika keempat pasangan, sudah melakukan deklarasi, maka tersisa satu bakal pasangan calon yang belum melaksanakan. Yakni pasangan Usman Efendi dan Ahmad Jauhari.
            Menurut Fathoni, ketua panitia deklarasi Indah Pakarti, rencananya deklarasi akan dimulai pada pukul 08.00 Wib hingga selasai. Sebelum melakukan deklarasi, awal acara akan dilakukan pawai barongsai dan lewang-lewong dengan mengambil start di kantor DPC Gerindra.
            Pawai akan berakhir di lapangan Kutorenon, Kecamatan Sukodono. Sehingga, titik kumpul massa nantinya akan dipusatkan di lapangan tersebut sebagai tempat deklarasi. “Pelaksanaannya memang dilapangan kutorenon,” katanya.
            Sejumlah undangan dipastikan akan hadir dalam acara tersebut. Pasalnya, sejumlah undangan juga mulai disebar. Mengenai tamu undangan, ada beberapa yang hadir dari tokoh masyarakat yang ada di Lumajang.
            Undangan kata Fathoni, ada yang berasal dari tokoh agama, tokoh masyarakat, ulama’, kepemudaan, aktifis kemahasiswaan, akademis, tokoh dan kader partai pendukung. “Yang lainnya juga masih banyak dan tidak bisa saya sebut satu persatu,” jlentrehnya.
            Sementara untuk pengurus partai ditingkat DPD, tidak bisa hadir dalam acara deklarasi ini. Sebab, acara deklarasi berbarengan dengan Pilkada Kabupaten Pasuruan. “Cukup pengurus partai di Lumajang saja, sehingga tidak menjadi persoalan,” katanya.
              Lebih jauh kata Fathoni, dalam deklarasi nanti, tim pemenangan tidak akan melakukan pengerahan massa secara besar-besaran. Sebab, ia lebih mengintensifkan komunikasi dan konsolidasi di tataran bawah untuk memenagkan pasangan ini.
            Meski demikian, sejumlah rewalawan militan dari Indah Pakarti dan Gus Kahfi, dipastikan juga akan hadir. Walaupun begitu, ia tetap membatasinya agar acaranya terlihat tidak terlalu besar.
            Sekedar diketahui, Indah Pakarti pernah akan mencalonkan diri menjadi bupati Lumajang dalam Pilkada yang lalu. Karena terganjal oleh dukungan partai, maka pencalonan itu urung dilakukan.
            Meski begitu, relawan Indah Pakarti masih solid dan bertambah banyak. Ditambah dengan bergandengan Gus Kahfi, salah satu anak dari tokoh sentral Lumajang, yakni KH. Anas Mahfudz, pasangan ini bertambah optimis memenangkan Pilkada mendatang.(ami)