Ditemukan Mayat Penuh Luka Bacok


Lumajang, Memo
Penemuan mayat lelaki ditepi jalan makadam  kemarin pagi, Rabu (26/9) sekitar pukul 03.00 WIB gegerkan warga sekitar. Pasalnya, mayat yang ditemukan warga ini kondisinya dedel duel penuh luka bacok disekujur tubuhnya. Belakngan diketahui jika mayat itu adalah Sanijo (30) asal Dusun Baka Utara, Desa Jenggrong, Kecamatan Ranuyoso.
Kondisi mayat saat mau di lakukan otopsi
Nor Asmat (45), sepupu korban kepada Memo mengatakan, malam itu korban sempat berpamitan kepada keluarga untuk melaksanakan tugas ronda malam di lingkungannya. Korban saat itu  membawa bekal  sebuah senter dan pentungan.
Menurutnya, daerah sekitar tempat itu memang kondisinya rawan kejahatan, untuk itulah, warga setempat hampir tiap hari melakukan aktifitas ronda malam sambil keliling kampung.
Entah bagaimana ceritanya, korban lepas dari pantauan teman – teman yang melakukan ronda malam itu, tiba – tiba korban sudah ditemukan terbaring di tepi jalan  dan sudah tidak bernyawa,  oleh salah satu warga yang saat itu melintas di jalan tersebut.”Saat ditemukan memang sudah meninggal” ujar Nor.
Melihat kondisi korban sangat mengerikan, salah warga yang tak mau disebutkan namanya,  langsung menghubungi keluarga korban dan menceritakan apa yang dilihatnya. “Setelah mendapat kabar dari orang tersebut,  seketika itu saya bersama keluarga dan beberapa tetangga kanan kiri langsung menuju lokasi sesuai yang di informasikan.” Ungkapnya lagi
Tiba dilokasi kejadian, betapa kagetnya ketika melihat korban sudah tewas dengan kondisi luka robek di tangan kiri, luka robek di leher, luka dipunggung bagian belakang, luka robek hingga menganga di kaki kiri, serta luka robek dikaki kanan, dan nyaris putus pada pergelangan kaki.
“Seketika itu saya langsung melaporkan ke Kades.” Ungkapnya. Laporan tersebut oleh kades diteruskan ke Polsek Ranuyoso dan dilanjutkan ke polres Lumajang, dengan harapan  agar pembunuhnya cepat ditangkap.
Dalam waktu sekejap saja, lokasi penemuan mayat  sudah dipadati oleh ratusan warga setempat. Selain untuk memastikan informasi adanya penemuan mayat, warga merasa penasaran ingin melihat mayat tersebut.
Sejam kemudian, dengan waktu bersamaan beberapa anggota Polsek Ranuyoso dan Unit Satreskrim Polres Lumajang tiba dilokasi,  saat itu ratusan warga Nampak memadati lokasi kejadian, akhirnya petugas berusaha menghalau warga agar tak mengganggu proses olah TKP.
Setelah selesai dilakukan olah TKP, korban langsung dilarikan ke rumah sakit Dr. Haryoto Lumajang untuk dilakukan otopsi. Suwarno kades setempat  saat berada diruang jenazah kepada Memo mengatakan, dirinya mendapat informasi adanya penemuan mayat dari warga setempat.
“Seketika itu juga saya  dengan mengajak beberapa warga terus menuju kelokasi, tiba dilokasi ternyata benar informasi yang saya terima, seketika itu langsung menghubungi polisi, takut terjadi apa – apa, saya bersama warga mengamankan lokasi sambil menunggu petugas datang.” Terangnya.
Diketahui, mayat tersebut pertama kali ditemukan oleh Ngatu (45) warga setempat, pagi itu dirinya sedang dalam perjalanan pulang menuju kerumahnya, dari kejauhan terlihat dengan remang – remang ada sesosok tubuh manusia terbaring ditengah jalan. “Merasa penasaran, saya terus mendekati, betapa kagetnya ketika saya lihat adalah tetangga saya sendiri” ungkapnya.
Hasil pantauan Memo dilapangan, jajaran Satreskrim Polres Lumajang dengan Unit Reskrim Polsek Ranuyoso masih terus melanjutkan olah TKP  dan penyisiran serta melacak jejak pelaku dengan berbekal beberapa petunjuk yang dikantongi oleh petugas. Sayangnya, Kasat Reskrim AKP Kusmindar masih enggan memberikan keterangan seputar peristiwa tersebut. “Jangan dulu, jangan dulu” katanya berkali-kali.(cw7)