Segera Mediasi Tiga Partai Pengusung!

Lumajang, Memo_Molornya penentuan tentang siapa kader dari ketiga partai pengusung untuk mengajukan nama calon wakil bupati (Cawabup) mendampingi Bupati Lumajang, Drs. As’at Malik. Ketua DPRD Kabupaten Lumajang, Agus Wicaksono telah mengambil sikap.
Agus Wicaksono

Diantaranya, telah melakukan konsultasi dan mengirim surat kepada As’at Malik. Pihaknya menekankan, agar Bupati segera mengambil sikap dengan mempertemukan ketiga partai pengusung itu untuk segera bertemu. “Saya minta Pak Bupati segera mediasi ketiga partai pengusung itu,” tegas Agus saat dikonfirmasi Memo Timur, pada Rabu (10/6), kemarin.

Namun demikian kata Agus, pihaknya harus tetap berpedoman pada Peraturan Pemerintah (PP) No. 49. Nantinya, dari partai pengusung itu untuk mengusulkan dua nama yang selanjutnya di kirim ke DPRD yang kemudian akan dilakukan pemilihan kepada dua nama yang telah diajukan itu.

Disinggung kapan pelaksanaan pemilihan dari nama cawabup yang diusulkan tersebut, Agus mengatakan segera. Akan tetapi, pihaknya masih menunggu masing-masing calon yang diusulkan oleh masing-masing partai. “Pasalnya, setiap calon yang diusulkan oleh partai harus mendapat rekomendasi dari masing-masing partai itu sendiri,” ujarnya.

Recananya, lanjut Agus, dalam  waktu dua atau tiga hari ini Bupati akan mengundang kembali tiga partai pengusung, yaitu PAN, Golkar dan Demokrat untuk mengsinkronkan dan mendapat kata sepakat dari ketiga partai pengusung itu. “Kalau ketiga partai sudah sepakat, baru akan kami lakukan pemilihan,” pungkasnya.

10 Hektar Hutan Pinus RPH Sumberurip Terbakar

Ungkapan senada, juga disampaikan oleh Ketua DPD Partai Golkar Lumajang, Soejatmiko. Ia mengatakan, kalau dari partai berlambang pohon beringin itu sudah ada nama calon tunggal yang akan diajukan, yaitu dirinya sendiri. “Kalau dari Golkar, nama yang akan diajukan adalah Saya sendiri,” terangnya.

Sedangkan dari PAN, informasinya adalah H. Thoriq. Sementara itu, dari Partai Demokrat sendiri belum ada nama kader yang dimunculkan. “Kalau dari Golkar dan PAN masing-masing sudah punya calon. Akan tetapi dari partai Demokrat, kami masih belum tahu,” pungkasnya. (tri)