Bupati Resmikan Lumbung Pangan UMMAT

Lumajang, Memo_Pemerintah Kabupaten Lumajang terus menggiatkan keberadaan lumbung pangan yang ada, dalam rangka meminimalisir terjadinya kerawanan pangan, khususnya di wilayah Kabupaten Lumajang. Kemarin pagi, sekitar pukul 09.00 WIB, Bupati Lumajang, Drs. H. As’at Malik meresmikan lumbung pangan kelompok tani “UMMAT” yang terletak di Desa Yosowilangun Lor, Kecamatan Yosowilangun.
As'at Malik

Dalam acara peresmian itu hadir jajaran Muspika Kecamatan Yosowilangun mulai dari Camat, Kapolsek, Danramil, penyuluh pertanian dan Kepala Desa se-Kecamatan Yosowilangun dan masing-masing perwakilan kelompok tani se-Kabupaten Lumajang. Turut hadir Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Lumajang.

Bupati Lumajang, Drs. H. As’at Malik menyampaikan, lumbung pangan merupakan tempat penyimpanan hasil pertanian, seperti padi dan jagung serta hasil panen pertanian lainnya. Dan lumbung pangan ini sudah ada sejak zaman dahulu. Tetapi, belakangan ini lumbung pangan mulai tidak difungsikan secara maksimal oleh masyarakat Lumajang.

Desa Wonoayu Tidak Ada Pilkades

Melalui peresmian lumbung pangan kelompok tani UMMAT ini, kami berharap agar masyarakat Lumajang bisa memanfaatkan lumbung pangan yang ada. Tujuannya tidak lain untuk mengantisipasi terjadinya kerawanan pangan pada musim paceklik,” kata Bupati As’at Malik dalam sambutannya.

Bupati As’at juga berharap agar ketahan pangan di wilayah Kbaupaten Lumajang harus diperkuat, karena produk pangan Lumajang cukup bersaing dengan produk pangan impor yang  banyak beredar di pasaran, baik pasar dalam kota maupun pasar yang terletak di pedesaan.

Mudah-mudahan semua lumbung pangan yang ada di Kabupaten Lumajang benar-benar difungsikan dengan baik, sehingga ketika terjadi musim paceklik, masyarakat Kabupaten Lumajang tidak susah dan tidak bingung mencari pangan, mengingat persidaan masih ada,” akhir sambutan Bupati Lumajang. (cho)