Sapi Wahyudi Ditemukan Warga Tempeh

Lumajang, Memo_Wahyudi (27), warga Dusun Sumbersari, Desa Kunir Lor, Kecamatan Kunir bisa bernafas lega. Pasalnya, sapi betina miliknya yang dicuri oleh kawanan pelaku pencuri hewan (Curwan) berhasil ditemukan oleh warga Dusun Krajan, Desa Tempeh Tengah, Kecamatan Tempeh.
curwan

Aksi pencurian sapi itu sendiri terjadi pada Minggu (6/9), dini hari sekitar pukul 02.30 WIB. di kandang belakang rumah Mislap (58), yang dipercaya oleh korban untuk merawat sapi tersebut di Dusun Sumbersari, Desa Kunir lor, Kecamatan Kunir.

Informasinya, hilangnya sapi tersebut baru diketahui oleh perawatnya (Muslap-red) pada Minggu pagi, sekitar pukul 05.00 WIB ketika hendak memberikan makan. Pagi itu, ia mendapati pintu kandang sapinya sudah dalam kondisi terbuka. Ketika dilihat, ternyata sapi betina yang kondisinya bunting 8 bulan yang dirawatnya itu sudah raib dari tempatnya.

Mengetahui jika  sapi yang ada di dalam kandangnya hilang, ia lalu bergegas memberitahukan kepada pemiliknya. Pagi itu juga, mereka dibantu oleh beberapa warga berusaha mencari keberadaan sapi yang hilang itu. Karena tak kunjung ditemukan, korbanpun akhirnya mendatangi Mapolsek Kunir untuk melaporkan aksi pencurian sapi yang dialaminya.

Cipkon, Reskoba Amankan 30 Pasangan Muda-Mudi

Namun esok harinya, tepatnya pada hari Senin (7/9), sekitar pukul 06.00 WIB. polisi mendapat informasi jika warga Dusun Krajan, Desa Tempeh Tengah, Kecamatan Tempeh menemukan seekor sapi betina yang kondisinya bunting di area persawahan. “Pagi itu juga korban langsung saya ajak ke lokasi penemuan, untuk memastikan apakah sapi yang ditemukan warga itu adalah miliknya,” ujar petugas.

Setiba di lokasi ternyata benar. Sapi yang ditemukan warga tersebut adalah sapi milik korban yang hilang sebelumnya. Karena lokasi penemuan sapi itu berada di wilayah Polsek Tempeh, akhirnya korban harus membuat surat pernyataan tertulis kepada pihak Polsek Tempeh jika sapi yang ditemukan warga tersebut benar-benar miliknya.

Selanjutnya, pagi itu juga pihak Polsek Tempeh menyerahkan sapi tersebut kepada pihak Polsek Kunir yang kemudian untuk diserahkan kembali kepada korban. Karena lokasi rumah korban dengan tempat penemuan tersebut lumayan jauh, maka sapi yang sempat hilang itu diangkut menggunakan mobil bak terbuka.

Sementara itu, Kapolsek Kunir, AKP M. Jumali ketika dikonfirmasi Memo Timur membenarkan tentang sapi yang dicuri ditemukan warga. Tetapi kata Jumali, sapi tersebut sudah diserahkan kembali kepada yang punya. “Setelah kami buatkan surat tanda terima, sapi saya serahkan kepada korban,” ungkapnya. (tri)