Cipkon, Reskoba Amankan 30 Pasangan Muda-Mudi

Lumajang, Memo_Senin (7/9), dini hari, pukul 01.00 WIB, Unit Reskoba dengan melibatkan unit Reskrim, unit Intel serta unit Sabhara Polres Lumajang, melaksanakan operasi Cipta Kondisi di wilayah Lumajang Kota, dalam rangka mengantisipasi terjadinya aksi kriminalitas dan peredaran narkoba di wilayah Lumajang.
nongkrong di JLT

Sasaran operasi adalah warung remang-remang, lesehan yang terletak di sepanjangan Jalan Lingtas Timur (JLT), Jalan Slamet Riyadi, Jalan Gubernur Suryo alias embong kembar, Jalan Gajah Mada alias Taman Toga. Dua Tempat Hiburan Malam (THM) seperti Cleo yang terletak di Jalan JLT dan Enjoy yang terletak di Jalan Raya Juanda, Keluarahan Tompokersan, juga jadi sasaran operasi.

Operasi Cipkon yang berlangsung sekitar 3 jam tersebut, petugas gabungan berhasil menggaruk sedikitnya 30 pasangan muda mudi. Selain dicurigai telah mengkonsumsi narkoba, mulai minuman keras, pil koplo serta sabu-sabu, juga karena tidak bisa menujukkan identitasnya.

30 pasangan muda-mudi yang kami amankan bersama petugas gabungan itu, masih menjalani proses pemeriksaan dari penyidik unit Reskoba Polres Lumajang,” tutur Kasat Reskoba Polres Lumajang, AKP Prio Purwandito.

Setelah menjalani proses pemeriksaan, satu persatu dari 30 pasangan muda mudi itu menjalani Tes Urine, dalam rangka memastikan apakah mereka telah mengkonsumsi narkoba atau tidak. Hasilnya, tidak satupun dari mereka yang terbukti mengkonsumsi narkoba, ”Hasil Tes Urin, semua negatif Mas,” ungkapnya.

SMP N 4 Lumajang, Wakili Provinsi Jatim ke Jakarta

Masih kata AKP Prio, karena mereka tidak terbukti mengkonsumsi narkoba, apalagi terlibat dalam aksi kejahatan, usai menjalani proses pemeriksaan dan tes Urine, 30 pasangan muda-mudi itu langsung mengikuti pembinaan dari Binmas Polres Lumajang.

Usai pembinaan nanti, mereka akan diserahkan pada pihak keluarganya. Setiap hari Senin dan kamis, mereka wajib menjalani wajib lapor di unit Reskoba Polres Lumajang dengan didampingi oleh orang tuanya masing-masing. Operasi terus akan dilakukan ke semua wilayah Kecamatan se-Kabupaten Lumajang,” pungkas AKP Prio Purwandito. (cho)