Satu dari 4 Jasad Nelayan Yang Hilang Berhasil Ditemukan

Lumajang, Memo_Pencarian yang dilakukan oleh pihak keluarga korban dengan dibantu tim SAR dan BPBD Lumajang, akhirnya  pada Sabtu (29/8), sekitar pukul 09.30 WIB. berhasil menemukan 1 dari 4 jasad nelayan yang hilang.  Selanjutnya, jasad  langsung dipulangkan ke rumah duka yang ada di Dusun Mandaran, Desa Puger Wetan, Kecamatan Puger, Kabupaten Jember.
nelayan tenggelam

Informasinya, 1 jasad yang ditemukan tersebut atas nama Armo (62), nelayan asal Dusun Mandaran, Desa Puger Wetan, Kecamatan Puger, Kabupaten Jember. Sedangkan lokasi penemuan itu sendiri berada di sebelah barat lokasi tempat tenggelamnya perahu yang jaraknya mencapai ratusan meter, atau tepatnya masuk wilayah Dusun Talsewu, Desa Wotgalih, Kecamatan Yosowilangun.

Siang itu, salah satu warga melihat sesuatu terapung, lalu dibawa ombak ke pinggir pantai. Karena curiga, beberapoa warga kemudian berlarian mendekati sesuatu yang terapung tersebut. Mereka kaget, ternyata  sesuatu yang terapung itu adalah jasad dari salah satu 4 nelayan yang dinyatakan hilang.

Semula kami tidak menduga kalau sesuatu yang terapung itu adalah salah satu dari jasad nelayan yang hilang,” terang Dulalim (48), salah satu warga setempat kepada Memo Timur Sabtu (29/8), di lokasi penemuan. Keyakinan warga dan petugas semakin kuat jika jasad yang ditemukan itu adalah satu dari 4 nelayan yang hilang setelah mendengar  penjelasan dari pihak keluarga korban yang saat itu ikut mencari.

Bangunan Les Privat Kumon Telan Korban Lagi

Saat ditemukan, kondisi tubuh dan wajah korban mulai pucat dan sedikit bau karena terendam air laut berhari-hari. Selanjutnya, jasad terebut langsung dimasukan kantong mayat yang kemudian dipulangkan ke rumah duka untuk disemayamkan di sana. ”Tadi ada pihak keluarga korban yang ikut mengantarkan jasad tersebut sampai ke rumahnya,” terang salah satu tim SAR di lokasi penemuan.

Sebelumnya, naas yang dialami oleh sekelompok nelayan asal Desa Puger Wetan, Kecamatan Puger, Kabupaten Jember. Diduga terlalu menepi saat melaut, perahu yang ditumpanginya terguling setelah dihempas ombak besar. Akibatnya, satu nelayan selamat dan empat lagi dinyatakan hilang.
Peristiwa tersebut terjadi pada Kamis (27/8), dini hari, sekitar pukul 03.00 WIB. di pantai Desa Wotgalih, Kecamatan Yosowilangun. Informasinya, sekelompok nelayan yang berjumlah 5 orang tersebut dalam perjalanan hendak mencari ikan di wilayah Sendang Biru Kabupaten Malang. “Mereka biasa cari ikan di sana Pak,” terang salah satu nelayan setempat. (tri)