2 Peserta Didik SMA Islam Undur Diri dari Unas

Unas 2015

Lumajang, Memo_Senen (13/4) sekitar pukul 10.00 Wib, Bupati Lumajang  Drs. KH. As’at Malik, M. Ag didampingi oleh Asisten Pemkab Lumajang Wisu Wasono Adi, Sekdin Dispendik Asep Bambang dan Kepala Departemen Lumajang melakukan sidak Ujian Nasional (Unas) di sekolah penyelenggara Unas seperti SMA Negeri 2, SMK Negeri 1, SMA Islam dan MA Masyitoh Lumajang dalam rangka memastikan Unas tingkat SMA/ SMK dan MA berjalan lancar.

Bupati Lumajang Drs KH. As’at Malik saat dikonfirmasi sejumlah media saat berada di SMA Negeri 2 Lumajang menyampaikan dari empat sekolah penyelenggara Unas yang telah didatangi, semuanya tidak ditemukan adanya permasalahan.

”Termasuk di SMA Negeri 2 ini juga tidak ada masalah, Unas secara umum berjalan lancar dan kondusif,” kata Bupati Lumajang.

Diakui ada dua peserta didik yang tidak mengikuti Unas tahun 2015 ini. Namun kedua peserta didik tersebut tidak berasal dari SMA Negeri 2 Lumajang ini melainkan berasal dari SMA Islam. ”Kedua peserta didik itu telah lama mengundurkan diri, kendati telah terdaftar dalam Unas tahun ini. Keduanya sudah tidak mengikuti dua kali semester kok,” terangnya.

Curas Buron Setahun, Diciduk

Disinggung apakah kedua peserta didik tersebut putus sekolah karena masalah ekonomi dengan tegas Bupati Lumajang menyampaikan bahwa alokasi bantuan anggaran Dana Operasional Sekolah (Bos) di Lumajang sudah berjalan sesuai dengan ketentuan yang ada. ”Kedua peserta didik itu megundurkan diri karena ada masalah lain,” tegas Bupati Lumajang.

Secara terpisah Sekretaris Dispendik Lumajang Asep Bambang menambahkan, hari pertama Unas dilaksanakan hingga siang ini pihaknya belum menerima adanya permasalahan terkait Unas.

”Semuanya berjalan lancar. Ngomong dua peserta didik SMA Islam yang tidak ikut Unas di tahun 2015 ini, sudah mengundurkan diri sejak kelas XI. Jadi bukan mengundurkan diri jelang Unas ini mas ,” ungkap Asep (cho)