Pameran Pendidikan, Ciptakan Anak Didik yang Cerdas

Lumajang, Memo_Belasan sekolah yang terdiri dari Sekolah Dasar (SD) dan Madrasah Ibtida’iyah (MI) DAN Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri dan Swasta se Kecamatan Kota Lumajang dan  Kecamatan Sukodono mengikuti pameran pendidikan di Gedung Soejono yang terletak di Jalan Alun-Alun selatan Lumajang.
Lumajang Memo

Acara pameran pendidikan yang menampilkan hasil karya siswa dan guru ini langsung dibuka secara resmi oleh Pelaksana Tugas (PLT) Bupati Lumajang Drs. KH. As’at Malik. Selain dihadiri oleh Chief Of Party Program Usaid Pusat juga dihadiri sekitar 200 undangan mulai dari sejumlah perwakilan guru, kepala sekolah, Ka UPT se  kabupaten Lumajang. Turut Hadir perwakilan dari Dinas pendidikan Lumajang seperti Kabdi SD SMP, pengawas dan sejumlah pejabat pemkab Lumajang.
Stuart Watson dalam sambutannya menyampaikan, menyambut baik terhadap pelaksanaan pameran pendidikan hasil karya siswa dan guru yang berlangsung di gedung Soejono ini.  Pihaknya berharap melalui pameran pendidikan ini kabupaten Lumajang bisa memunculkan anak didik yang  yang cerdas, mandiri, terampil serta bermoral.
System pendidikan yang diterapkan di Kabupaten Lumajang pada saat ini, sama dengan sistem yang diterapkan di Negara Jepang dan di sejumlah Negara lain yang dikonsep oleh Usaid Prioritas dalam rangka menciptakan anak didik yang lebih berkwalitas dan berbobot.
Menurutnya, semua anak didik dilatih untuk mandiri, juga dilatih untuk sering berdialog dengan guru. Pengembangan ide dan wawasan seperti ini harus dilakukan mulai sejak dini dalam rangka meciptakan anak didik sebagai penrus bangsa kedepan benar-benar handal, berkwalitas serta mampu untuk membuat Indonesia yang lebih maju.
“Kalau saya lihat, Indonesia memiliki sumber daya alam yang tidak dimiliki oleh negara lain. Makanya, melalui pameran pendidikan diharapkan  bisa menginsipirasi anak didik yang ada disekolah lain untuk maju dan berprestasi. Dengan semangat yang kuat, saya yakin bisa,”tutur Stuart Watson
Sementara itu Pelaksana Tugas (PLT) Bupati Lumajang dalam sambutannya menyampaikan, rasa terima kasihnya kepada program Usaid  yang sudah membantu meningkatkan kemampuan para guru dan murid sekolah di Kabupaten Lumajang yang diawali dari SMP Negeri 4 Lumajang.
PLT Bupati Lumajang juga berharap agar semangat para guru yang telah mendapat pembelejaran dan pembekalan dari program Usaid Prioritas ini bisa menular ke sekolah-sekolah lain khususnya yang ada di didiwilayah Kabupaten Lumajang agar lebih maju dan berprestasi dari sebelumnya.
“Semangat kerja sama dengan Usaid Prioritas dibidang pendidikan harus terus dikembangkan ke sekolah-sekolah lain yang ada di Kabupaten Lumajang sehingga semua sekolah bisa lebih maju dan sama-sama berprestasi,”pungkasnya (cho)