Jembatan Grobogan Rusak, Akan Ditutup Sementara

Dinas PULumajang, Memo_Kemarin pagi, Pemerintah Kabupaten Lumajang menggelar rapar koordinasi (Rakor) terkait rencana perbaikan jembatan Grobokan Kecamatan Kedungjajang bersama petugas dari Balai Besar Jalan Nasional V Surabaya, petugas UPT Pekerjaan Umum (PU) Provinsi dan Kabupaten Lumajang serta petugas  dari  Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi maupun Kabupaten Lumajang.
Turut dilibatkan Asisten Ekabang, Bappeda pemkab Lumajang serta Sat Lantas Polres Lumajang. Rapat kerja rencana perbaikan jembatan grobogan yang berlangsung sekira 3 jam itu memperoleh kesepakatan bersama untuk menutup sementara jembatan Grobogan sebelah barat khusus kendaraan berat.
Asisten Ekonomi pembangunan (Ekabang) Kabupaten Lumajang Drs. Selamet melalui Kabag Humas Pemkab Lumajang  Bambang Hermanto ketika dikonfirmasi Memo mengatakan, kesepakatan bersama untuk menutup jembatan grobogan khusus sebelah barat selama akan dilakukan perbaikan tidak lain bertujuan untuk keselamatan masyarakat dan pengguna jalan khususnya pengguna jalan dari arah Lumajang menuju ke Surabaya.
“Penutupan jembatan Grobogan itu berlaku khusus pada kendaraan berat saja seperti truk pengangkut pasir atau kendaraan berat lainnya. Penutupan jembatan grobogan itu berlaku selama dalam perbaikan saja mas,”ungkap Bambang Hermanto Kabag humas Pemkab Lumajang.
Jembatan Grobogan yang sebelah barat itu dibangun beberapa puluhan tahun yang lalu, memang sudah waktunya untuk dilakukan perbaikan. Apalagi kondisinya saat ini mulai terlihat sering mengalami mengalami kerusakan. Agar jembatan Grobogan terus berfungsi dengan baik, melalui rapat koordinasi itu segera dibangun penyangga jembatan sehingga akan lebih kokoh dan kuat.
“Selama proses perbaikan dilaksanakan, pada jembatan grobogan ini akan dipasang portal. Tujuannya agar jembatan ini tidak dilintasi oleh kendaraan berat. Terpaksa dilakukan hal ini, agar kwalitas perbaikan jembatan Grobogan ini benar-benar maksimal,”ungkapnya lagi
Masih kata Bambang, terkait bagaimana cara mengaturnya jalur lalu lintas selama perbaikan jembatan Grobogan dilaksanakan, pemkab Lumajang mernyerahkan sepenuhnya pada Dishub Kabupaten Lumajang dan Sat Lantas Polres Lumajang.
”Langkah ini sengaja dilakukan oleh pemkab Lumajang untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan serta  keselamatan bagi masyarakat dan pengguna jalan secara umum yang melintas dijembatan Grobogan. Mudah-mudahan penutupan jembatan Grobogan untuk sementara ini bisa dimaklumi oleh semua pihak yang menjalankan kendaraan berat,”pungkasnya (cho)