Panwaslu Baru Garap NPHD


Lumajang, Memo
            Ternyata, baru kemarin siang Panwaslu Kabupaten Lumajang baru akan menggarap Naskah Penandatangan Hibah Daerah (NPHD), untuk tahap penggelontoran anggaran. Setelah NPHD selesai, baru anggaran hibah daerah ini bisa di terima oleh Panwaslu Kabupaten.
Didik Al Mashudi, Ketua panwaslu
            Tidak ada target khusus kapan NPHD akan diselesaikan. Namun, Didik Al Mashudi, Ketua Panwaslu Kabupaten merencanakan akan menyelesaikannya dalam minggu-minggu ini untuk segera diberikan kepada badan anggaran.
            Molor, itu memang menjadi keluhan sejak awal dari anggota Panwaslu. Namun, hingga kemarin siang, walupun anggaran secara resmi belum di gelontorkan, Panwaslu tetap melakukan tahapan-tahapan yang ada.
            Dari mana uang untuk melakukan tahapan? Walaupun tidak terlalu terbuka dan mau mengatakan dari mana anggaran untuk melakukan berbagai tahapan. Panwaslu menjelaskan jika anggaran itu ada yang meminjami.
            Kabarnya, nilai anggaran yang di setujui oleh pemkab tidak sampai 3 milyard. Dan ini juga dibenarkan oleh Didik Al Mashudi. “Tidak tiga Milyar, tapi hampir tiga milyar,” katanya lagi.
            Untuk seleksi Panwascam, kemarin sore adalah hari terakhir. Dari seratus lebih peserta seleksi, ada beberapa diantaranya tidak menguasai materi yang diberikan Panwaslu Kabupaten. Namun, masih banyak yang paham terkait materi tes.
            Ini akan di rangking atau diambil tiga perkecamatan, dan sisanya yang tiga adalah untuk cadangan ketika nanti ada Pergantian antar waktu (PAW), saat ada persoalan yang melibatkan ketidak profesionalan anggota Panwascam itu sendiri.
            Walaupun belum melakukan penilaian akhir. Namun, ia berani mengatakan jika komposisi dari calon panwascam adalah; Muka lama sebanyak 30 persen dan muka baru sebanyak 70 persen.
            Meski begitu, tetap yang dijunjung adalah segi profesionalitasnya. Sehingga, tidak harus meloloskan anggota lama tapi tidak mampu. “Profesionalisme dan menguasai aturan pemilu yang kita loloskan,” katanya lagi.(ami)