Curi Helem PNS, Dua Pelaku Diringkus


Lumajang, Memo
Imam Fatoni (29), asal Dusun Galingan, Desa Denok, Kecamatan Lumajang, bersama Suhairi (19), pemuda asal Jalan Sastrodikoro, Gang Remaja No.3, Kelurahan Citrodiwangsan, Kecamatan Lumajang, ditangkap warga kemudian diserahkan ke Petugas Polsek Pronojiwo. Pasalnya, keduanya kedapatan sedang mencuri helm diatas sepeda motor di depan warung.
Peristiwa itu terjadi pada Sabtu (22/12) siang, sekitar pukul 14.00 Wib, di depan warung yang ada di Jalan Desa Tamansari, Kecamatan Projiwo. Sumber Memo Menjelaskan, saat itu korban bernama Semin Hartono (25) PNS asal Kelurahan Bandung Rejosari, Kecamatan Sukun, Kabupaten Malang.
Ketika korban sedang mampir disalah satu warung untuk makan. Namun, tiba-tiba ada dua orang mengendarai sepeda motor Yamaha Jupiter berhenti di dekat sepeda motor korban. Kemudian, salah satu dari mereka turun kemudian mengambil helm korban yang ada diatas sepeda motornya.
Tak pelak, korban yang mengetahui langsung aksi pencurian itu, berusaha megejar pelaku sambil berteriak maling. Warga yang mendengar teriakan tersebut, langsung berusaha menolong pelaku sambil mengejar menggunakan sepeda motornya.
Kemudian salah satu warga juga menghubungi pihak kepolisian untuk melaporkan kejadian itu. selang beberapa menit kemudian, petugas dari Polsek Pronojiwo datang dan segera ikut mengejar pelaku yang menuju kearah selatan dengan kecepatan tinggi.
Bersama warga dan korban, Polisi terus memburu pelaku yang saat itu melaju kearah Tempursari. Beberapa warga yang sudah dihubungi lewat ponsel, kemudian melakukan penghadangan di salah satu jalan simpang tiga yang ada di Dusun Kalirejo, Desa Kaliuling, Kecamata Tempursari.
Upaya wargapun tidak sia-sia, sebab pelaku tidak bisa lari karena tidak menemukan jalan lain. Selanjutnya wargapun langsung bisa menghadang laju kendaraan pelaku. Saat itu sempat terjadi aksi pemukulan oleh warga terhadap kedua pelaku. Beruntung petugas segera datang, sehingga kedua pelaku bisa diselamatkan dari amukan warga.
Selanjutnya, pelaku bersama barang bukti (BB) helm INK warna ungu serta sepeda motor Yamaha Jupiter Nopol N 2193 ZQ, yang dikendarai oleh pelaku ikut dibawa ke Mapolsek Pronojiwo untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. “Untung saat itu Polisi segera datang, jika tidak mungkin pelaku bisa dimassa,” terang salah satu warga yang ikut mengejar.
Sementara itu, Kanit Reskrim Aiptu Ali Marfa yang menangani kasus tersebut dan Kapolsek Pronojiwo, AKP Toyib Subur ketika dihubungi Memo,  lewat ponselnya tidak diangkat, bahkan di SMS pun tidak dibalas. Sehingga, Memo tidak bisa mendapat penjelasan tentang kelanjutan kasus tersebut. (cw6)