Hendak Makan, Nyolong Kambing Tetangga


Lumajang, Memo
Hewan ternak, nampaknya menjadi sasaran empuk bagi pelaku kejahatan. Kali ini, aksinya di alami korban bernama Maryono ( 35), asal Dusun Krajan, Desa/Kecamatan Padang. Korban baru mengetahui jika seekor kambing gibas kesayangannya raib digondol maling, Selasa (27/8) sekitar pukul 22.30 WIB kemarin malam, saat ia hendak memberikan pakan seperti biasanya.
Terkaget – kaget, ketika melihat kambing gibasnya diketahui sudah raib. Spontan ia, langsung berteriak – teriak maling. Teriakannya, membuat tetangga kanan kiri rumahnya terbangun dari tidurnya. Seketika itu juga , ia langsung membangunkan istri dan keluarganya, selanjutnya korban melaporkan kejadian ini kepada Kepala Desa setempat dan selanjutnya dilaporkan ke Mapolsek Padang.
Bersamaan dengan itu, puluhan warga yang mendengar teriakan korban langsung berdatangan kerumah korban. Selain untuk memberikan pertolongan, juga ingin memastikan apa yang sedang terjadi. Puluhan warga lengkap dengan membawa senter, pentungan bahkan senjata tajam. Warga mulai  berdatangan kerumah korban dan kemudian berkumpul di halaman rumah korban.
Tak lama kemudian, petugas dari Mapolsek Padang tiba dilokasi, setelah mendengar cerita dari korban. Beberapa petugas Unit Reskrim bersama Unit Intel Mapolsek Padang langsung bergabung dengan puluhan warga, untuk ikut bersama – sama melakukan upaya pengejaran dan pencarian terhadap pelaku pencurian.
Tanpa dikomando,  warga  yang sudah terbagi  menjadi dua kelompok ini langsung  melakukan pengejaran dan pencarian terhadap pelaku. Satu kelompok yang terdiri dari lebih sepuluh orang, melakukan pencarian ke sekitaran lokasi kejadian dengan mengikuti jejak kaki pelaku dan jejak kaki kambing.
Sedang satu  kelompok lagi, melakukan pencarian  dan penyisiran di beberapa ruas jalan. Bahkan sempat memblokade beberapa jalan simpang dan terobosan menuju ke jalan Desa lain. Upaya pengejaran dan pencarian dilakukan hingga menjelang matahari terbit, namun tidak juga membuahkan hasil.
Informasi yang berhasil dihimpun Memo, pengejaran dan pencarian terus dilakukan oleh hingga pukul 06.30 WIB pagi. Namun, pelaku bersama seekor kambing gibas milik korban belum juga ditemukan oleh warga. Hal ini, membuat puluhan warga berputus asa untuk melanjutkan pengejaran dan pencarian. Puluhan warga langsung balik kanan dan pulang kerumah masing – masing.
Pelaku saat diamankan petugas
Kapolsek Padang AKP. Mulayadi Surahmad kepada Memo mengatakan, pihaknya bersama puluhan warga telah melakukan pencarian dan pengejaran hingga kebeberapa batas desa tetangga namun belum juga membuahkan hasil.
 Kita semalam suntuk melakukan pengejaran terhadap pelaku mas, tapi tidak juga membuahkan hasil.” Ujarnya, Mas.
Namun, pihaknya tidak berhenti sampai disitu mas, kita punya trek lagi.  Keesokan paginya ia langsung  menyebar anggotanya kebeberapa pasar hewan di Lumajang seperti pasar hewan Senduro, pasar hewan Pasirian serta pasar hewan Klakah.
Alhasilnya, sekitar pukul 10.00  WIB kambing korban diketahui berada di tangan seorang juragan kambing  bernama SGT asal pasirian. Tak mau buang waktu, seketika itu juga kambing milik korban langsung diamankan dari tangan SGT. Sedang SGT langsung dimintai keterangan oleh petugas tentang asal usul kambing tersebut.
Dihadapan petugas, SGT menceritakan kalau kambing tersebut dibeli dari tangan Adi Muali bin Saman (30), warga Dusun Krajan, Desa Kedawung, Kecamatan Padang. “Dari situ kita langsung melakukan penelusuran kesana,” kata kapolsek.
Berdasarkan keterangan SGT itulah, pihaknya langsung melakukan pencarian terhadap pelaku dirumahnya. Sekitar pukul 12.30 WIB kemarin siang,  pelaku berhasil ditangkap dirumahnya dan langsung digelandang ke Mapolsek Padang untuk dilakukan pemeriksaan. “ Kini pelaku sudah dijebloskan kedalam sel tahanan  untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya.” Pungkasnya Kapolsek.(cw7)