Spesialis Curat dan Curanmor, Berhasil Ditaklukan Petugas


Lumajang, Memo
Pelaku saat berada di mapolres Lumajang
Setelah beberapa bulan menjadi target operasi (TO) tim Reskrim Polres Lumajang,  Saiful Anam (21), pemuda lajang,  asal Desa Jatirejo, Kecamatan Kunir.  Akhirnya berhasil ditaklukan jajaran tim Resmob Lumajang, yang dipimpin langsung  oleh kasat Reskrim AKP Kusmindar, SH. Karena terlibat aksi Curat dan Curanmor di beberapa tempat.
Penangkapan itu dilakukan pada Rabu (18/7) malam, sekitar pukul 19.00 Wib, saat itu, target sedang berada di depan Puskesmas Kunir. Namun, sebelumnya malam itu petugas sudah mendapat informasi jika pelaku sedang berada diwilayah Kecamatan Kunir.
Dari keterangan tersebut akhirnya petugas langsung mengadakan penyisiran. Begitu mengetahui pelaku sedang mengedarai sepeda motor, petugas langsung membuntutinya. Saat itu pelaku berhenti di depan Puskesmas Kunir. Setelah yakin, bahwa pemuda tersebut adalah buruannya, akhirnya petugas langsung melakukan penangkapan.
Saat dilakukan penyergapan, pelaku tidak bisa berkutik. Karena jumlah personil yang disiapkan cukup memadahi. Selanjutnya pelaku langsung dibawa ke Mapolres Lumajang untuk dimintai keterangan terkait aksi kejahatan yang pernah dilakukan.
Menurut Kasat Reskrim Kusmindar, Penangkapan itu adalah hasil penyelidikan dari kasus pencurian yang dilakukan oleh pelaku dan teman-temannya pada awal bulan Mei 2012 yang lalu, di salah satu sekolah MTs Desa Jatirejo, Kecamatan Kunir. saat itu pelaku dan teman-temannya berhasil membawa mesin Genset, merk SUGO 2800 Watt.
Dari kejadian aksi pencurian tersebut, akhirnya petugas melakukan penyelidikan dan pengungkapan terhadap pelaku. Dalam menjalankan aksinya, pelaku juga dibantu oleh 3 atau 4 orang temannya, yang sekarang masih buron. “Pelaku juga tidak segan-segan melukai korbannya,” terang Kusmindar.
Dihadapan petugas, pelaku juga mengaku pernah melakukan aksi pencurian dengan pemberatan di beberapa tempat yang ada di wilayah selatan. Termasuk pencurian beberapa toko yang ada di wilayah Kecamatan Kunir, “Modusnya, pelaku berhasil masuk setelah mencungkil pintu atau jendela kaca korban,” terang Kusmindar lagi.
Terkait penangkapan tersebut, Kapolres Lumajang, AKBP Susanto, SH, MH. Melalui Kasat Reskrim Kusmindar, SH. Menegaskan bahwa penangkapan tersebut adalah hasil lidik dan pengembangan terhadap aksi-aksi pencurian yag pernah dilakukan oleh pelaku dan kawannanya.
Selanjutnya, petugas masih melakukan pengejaran terhadap teman-teman pelaku yang nama dan alamatnya sudah dikantongi, “Kami akan bekerja secara maksimal, agar dapat menangkap teman-teman pelaku lainnya,” tegas Kusmindar. (cw6)