Polisi Kawal Nasabah Bank


Lumajang, Memo
Kabag Ops Polres Lumajang
Kompol Enu Sasmonang
            Operasi pekat (Penyakit masyarakat) terus digelar oleh seluruh jajaran petugas kepolisian Polres Lumajang. Sasaran operasi pekat ini tak lain ialah kegiatan yang berhubungan dengan penyakit masyarakat.
            Beberapa penyakit masyarakat antara lain, peredaran miras serta penggunaannnya secara illegal, area prostitusi, serta PSK-PSK liar yang banyak beroperasi ditempat-tempat yang tidak memiliki ijin secara resmi.
            Sebelumnya diketahui, Polres Lumajang sejak awal puasa langsung menggelar beberapa pengamanan termasuk operasi subuh dan digandeng dengan operasi pekat. 
            Menurut Kabag Operasional Polres Lumajang Kompol Enu Sasmonang, operasi pekat ini dilakukan secara menyeluruh di semua jajaran Polres Lumajang. “Ada beberapa kreteria yang masuk dalam daftar operasi pekat.” Ungkap Enu Sasmonang.
            Bahkan razia bagi pasangan mesum yang sengaja menggunakan tempat-tempat umum ataupun hotel-hotel di Lumajang, razia ini sudah dalam paket operasi pekat. “termasuk itu juga kita razia,” katanya kepada sejumlah wartawan kemarin siang.
            Selain pasangan mesum, para PSK liar juga menjadi target selama bulan puasa saat ini, Setelah para PSK ini dapat terjaring razia, maka para perempuan pemuas nafsu ini akan digelandang ke kantor polisi terdekat untuk diproses lebih lanjut.
            Ada beberapa langkah pengamanan yang dlakukan selain menggelar operasi pekat, seperti mengintensifkan beberapa lokasi keramaian atau pusat berkumpulnya warga. “Area perbelanjaan juga menjadi target pengamana kita,” katanya lagi.
            Termasuk beberapa toko-toko yang menjadi kerawanan aksi kejahatan, seperti halnya toko-toko emas dan toko perhiasan lainnya. Khusus untuk toko emas, pihaknya meminta agar dipasang alat pengaman tambahan.
            Beberapa alat pengaman tambahan antara lain, untuk memasang teralis didalam eralase, dengan begitu, pelaku kejahatan akan sedikit kesulitan saat beraksi. Disamping itu, perlunya pemasangan CCTV sebagai media kontrol pengamanan.
            Tambahan pengamanan juga dilakukan di bank-bank, pasalnya jelang lebaran kebutuhan masyarakat yang berhubungan dengan keungan akan sangat meningkat. Bahkan biasa banyak warga yang mengambil uang di Bank.
            Untuk itulah, selain menambah penagmanan di bank-bank yang ada, dalam hal ini polisi akan siap melakukan pengamanan bagi warga yang hendak mengambil uanga an membawanya hingga ke tujuan.
            “Kita akan lakukan pengamanan pada para nasabah, sedangkan pengamanan ini tidak ada biaya sama sekali alias gratis. “ungkap Enu Sasmonang, sambil menjelaskan jika warga memang butuh pengamanan untuk segera menghubungi Polsek atau Polres terdekat.(ami)