Operasi Patuh Buat Pelanggar Lalin


Lumajang, Memo
AKP Suherkamto Kasubag Humas Polres Lumajang
            Polres Lumajang menggelar operasi patuh bersandi operasi Patuh 2012, dimulai sejak tanggal 4 Juli hingga 13 Juli, dengan sasaran semua pelanggaran kendaraan bermotor yang ada di Lumajang.
            Tujuannya ialah, agar terciptanya kondisi keamanan, kelancaran, keselamatan dan ketertiban dalam berlalu lintas, apalagi saat ini sudah menjelang Puasa Ramadhan dan hari raya idul fitri. Sejauh ini, operasi tersebut berjalan lancar.
            Menurut Kapolres Lumajang AKBP Susanto melalui Kasubag Humas AKP Suherkamto, operasi ini khusus digelar oleh Polres Lumajang. Sementara jajaran Polsek tidak mengikuti kegiatan ini.
             Untuk wilayah operasi akan dilakukan disemua wilayah hukum polres Lumajang dengan menyesuaikan tempat operasi. “Tempatnya disesuaikan dan berpindah-pindah,” ungkap Suherkamto.
            Lebih lanjut ia menjelaskan, ada beberpa personil yang dilibatkan dalam hal ini, namun untuk personil khusus yang paling banyak diambil dari satlantas. Karena memang berhubungan langsung dengan lalu lintas.
            Untuk jam operasi yang dilakukan oleh Polres, juga menyesuaikan keadaan dan situasinya. “Bisa pagi, siang, malam bahkan dinihari,” ungkap Suherkamto pada sejumlah media kemarin pagi.
            Dalam operasi ini, ada peneguran bagi pengedara roda dua maupun roda empat, walaupun demikian, juga ada sangsi penilangan bagi kendaraan yang betul-betul melanggar lalu lintas.
Total jumlah personil yang dilibatkan sebanyak 65 personil diambil dari personil polres dan satlantas. Kalau sasaran operasi adalah para pengendara, serta kendaraan, bahkan tempat-tempat yang dianggap rawan kemacetan.
Ada 3 kreteria yang dilaksanakan dalam operasi patuh semeru ini, yaitu 25 persen mengedepankan preentif, 25 persen preventif dan 50 persen penegakan hokum. “Ya itulah aturan yang kita pakai,” pungkasnya.(ami)