Libatkan Siswa SMP Untuk Hindari Pemanasan Global


Lumajang, Memo
Siswa SMP saat melakukan diskusi
            Pemanasan global menjadi tanggungjawab semua masyarakat, termasuk bagaimana menjaga lingkungan kita agar tetap asri. Lusa kemarin, Laskar Hijau Gunung Lemongan menyelenggarakan diskusi tentang konservasi lingkungan dengan tema Pemanasan Global dan Gerakan Konservasi berbasis masyarakat.
            Diskusi kali ini diikuti oleh siswa dan siswi SMP swasta asal Desa Krasak, Kecamatan Kedungjajang. Narasumber kegiatan diskusi ini adalah A’ak Abdullah Al-Kudus, ketua Lembaga peduli lingkungan Laskar Hijau gunung Lemongan.
            Menurut pria yang akrab dipanggil A’ak ini, gagasan yang mendorong diselenggarakannya kegiatan tersebut, karena desa Krasak selama ini terkenal sebagai kawasan yang setiap tahun menjadi langganan kekeringan.
Ia berharap dengan adanya kegiatan ini para siswa memiliki kesadaran tentang pelestarian lingkungan. “Sehingga kelak mereka bisa melestarikan lingkungan di desa Krasak, dan tidak lagi mengalami kekeringan lagi saat kemarau datang.’ Ujar pria berambut gondrong ini.
Dari kegiatan tersebut, pihak Laskar Hijau dan siswa-siswi SMP, membangun kesepakatan bersama untuk memulai gerakan pelestarian lingkungan di desa Krasak. Bentuknya, para siswa bersedia melakukan pembibitan pohon di sekolah dan di rumah masing-masing untuk nantinya akan di tanam secara bersama-sama di desa mereka.
Sedangkan Laskar Hijau bersedia untuk meng-asistensi kegiatan tersebut kapanpun dibutuhkan oleh anak-anak yang masih berusia belasan tahun itu. “Kita akan menanamkan kepada siswa tentang pentingnya kepedulian lingkungan.” Katanya lagi.
Selama kegiatan berlangsung, canda tawa para siswa hampir selalu mengiringi kegiatan tersebut. Walaupun kondisi hujan gerimis, kegiatan tersebut ditutup dengan melakukan penanaman pohon durian disekitar lingkungan sekolah.(ami)