Kasat Narkoba: Lumajang Didominasi Pengguna Pil Dekstro


Lumajang, Memo
AKP Amin Sujandoko, SH
Kasat Narkoba Polres Lumajang
Terkait dengan keberhasilan Jajaran Tim Reskoba Polres Lumajang, dalam menangani dan mengungkap pelaku kasus penggunaan Narkotika dan bahan spikotropika lainya.Dalam kurun waktu selama 6 bulan terhitung sejak Januari sampai akhir Juni 2012, ternyata dalam catatan sat Narkoba Polres Lumajang, yang menjadi primadona  dalam hal penyalagunaan dan pemakaian obat terlarang tersebut di dominasi oleh Pil Dekstro. Hal itu disampaikan oleh Kasat Narkoba Polres Lumajang, AKP Amin Sudjandoko, SH. Kepada sejumalah wartawan kemari siang.
Menurut Amin, terhitung dalam kurun waktu 6 bulan, pihaknya telah berhasil mengungkap dan pemakai sekaligus pengedar dari barang haram itu sebanyak 38 kasus dan 45 tersangka. Diantaranya, Miras sebanyak 7 kasus, obat-obat berbahaya (Oberbaya) 22 kasus dan narkotika 9 kasus.
Namun yang menjadi primadona dalam penggunaan barang haram itu, kebanyakan didominasi oleh pengguna Oberbaya yaitu pil Trek dan Dekstro.”Lumajang termasuk kota kecil, sehingga hanya digunakan untuk transid dari penyebaran obat-obat terlarang itu,” terang Amin.
Lebih lanjut Amin menjelaskan, bahwa yang paling berbahaya adalah penyebaran obat-obat keras. Karena yang mengonsumsi barang haram tersebut, kebanyakan adalah anak-anak remaja atau pelajar sekolah, ”Untuk Narkotika, kebanyakan penggunanya orang dewasa,” terang Amin lagi.
Langkah-langkah kedepan, pihaknya akan selalu bekerjasama dengan masyarakat. Karena masyarakat lebih tahu tentang anak-anak yang menggunakan barang haram itu. Selanjutnya akan berkordinasi dengan pihak-pihak terkait atau Dinas Pendidikan, karena sekarang lagi marak-maraknya masa orentasi siswa (MOS) masuk sekolah.”Sebab dalam rangka MOS itu, kita bisa memberikan pendidikan dini tentang bahaya menggunakan Narkotika,” Tegasnya.
Disinggung tentang antisipasi menjelang bulan Ramadan, pihaknya akan melakukan penyelidikan terutama maraknya penjual miras yang ada di pinggir jalan. Karena saat ini yang sedang ngetrend dikalangan anak muda adalah minuman arak. “Dalam bulan Ramadan, nanti kami akan melakukan penyisiran terhadap penjual miras tanpa tebang pilih,” tegasnya. (cw6)