Bursa Kerja Lumajang Serap 2,7 Ribu Pekerja


Lumajang, Memo
Para beserta bursa kerja saat mengisi biodata
            Bursa kerja yan digelar oleh Dinas tenaga kerja dan transmigrasi Kabupaten Lumajang, menyerap sedikitnya 2,7 ribu calon tenaga kerja. Bursa kerja ayang digelar di gedung Sujono, jalan Alun-alun selatan Lumajang ini, diikuti oleh 40 perusahan dari dalam dan luar Lumajang.
            Bursa kerja itu diikuti oleh perusahaan-perusaan yang ada di Lumajang dan luar lumajang, mulai dari sektor Industri, Perbankan, otomotif bahkan beberpa sekolah swasta juga turut membuka lowongan dalam bursa kerja tersebut.
            Dari sejumlah perusahaan yang mencari tenaga kerja, terjauh adalah sebuah perusahaan dari Batam, sisanya ada yang dari Surabaya, Sidoarjo, Malang, Probolinggo, Jember, Bondowoso dan Lumajang sendiri.
            Ada perusaah berkelas Internasional, Nasional, regional dan lokal Lumajangan. Kebutuhan karyawan dari perusahaan pencari tenaga kerja, dari jumlah puluhan hingga ratusan.
            Umi Salamah, salah satu pencari tenaga kerja asal Jember, mendapat informasi dari seorang teman tentang adanya bursa kerja di Lumajang. “Dua hari yang lalu saya diberitahu dan langsung datang kesini,” katanya wanita berjilbab ini.
            Lebih jauh umi Salamah mengaku, karena pendidikan terakhirnya adalah jurusan akutansi, maka ia membidik lowongan dibidang perbankan. Bahkan Umi mengaku melamar di tiga bank sekaligus.
            Dengan begitu, ia berharap akan diterima disalah satu perusahaan yang dilamarnya. “Siapa tahu salah satu cocok dan bisa diterima,” ungkapnya lagi sambi tersenyum.
            Sedangkan menurut Nanang... HRD dari PT. Bromo Tirta Lestari, perusahaan air minum bermerek Alamo asal Probolinggo ini, tiap tahunnya selalu mengikuti bursa kerja. Ada puluhan tenaga kerja yang dibutuhkan oleh perusahaannya.
            Dari sejumlah karyawan yang dibutuhkan, ada lowongan dibagian produksi, teknis dan lain-lain. Sementara batasan pendidikan mulai dari SMA hingga S1. “Pendidikan menyesuaikan dengan lowongannya,” ungkap Nanang.
            Menurut Bupati Lumajang, Sjahrazad Masdar, bursa kerja yang digelar pada tahun ini cukup meriah dibanding tahun-tahun sebelumnya. Ia juga berharap para pencari kerja cocok dengan apa yang dicari.
            Dalam bursa kerja saat ini, tidak ada prioritas apakah warga asli Lumajang atau luar dari Lumajang. “Semua mempunyai kesempatan yang sama dalam mencari kerja disini,” ungkap Masdar saat mengunjungi Bursa kerja kemarin pagi.
            Selain dari bursa kerja ini, menurut Masdar ada perusahaan baru dibuka di Lumajang, dan bisa menyerap 3 ribu lebih tenaga kerja. “PT. Sampoerna di Kunir banyak membutuhkan karyawan,” ungkap Masdar lagi.(ami/hms)