Bupati Serahkan Bantuan Jalin Kesra


Lumajang, Memo
paket bantuan yang diserahkan bupati
Program Jalinkesra ( jalan lain untuk meningkatkan kesejahtertaan rakyat ) Provinsi Jawa Timur ini sudah berjalan sejak tahun 2010 oleh Gubernur Jawa Timur DR. Soekarwo. Tujuan program ini adalah untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi Jawa Timur.
Untuk Kabupaten Lumajang, tahun 2012 ini terdata 345 orang yang berhak menerima bantuan ini. Nantinya, bantuan tersebut akan diserahkan secara bertahap, adapun tahap I  diserahkan sebanyak 181 KK yang berupa perlengkapan perdagangan, misalnya Sepeda Sayur, Sepeda Makanan dan Warung Sembako.
Dan untuk tahap II, akan diserahkan sekitar bulan September, sementara bantuan ini akan berlanjut sampai tahun 2013. Untuk tahap pertama, acara penyerahan bantuan ini digelar di Kelurahan Jogotrunan beberapa waktu yang lalu.
Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Timur yang diwakili oleh Ibu Sarifah, saat memberikan sambutan pada acara penyerahan bantuan jalinkesra RTSM di wilayah Kabupaten Lumajang.
Ia menegaskan, bahwa program dari Gubernur Jawa Timur ini agar betul-betul dimanfaatkan, sehingga apa yang menjadi cita-cita Pakde Karwo akan tercapai. “Yaitu untuk meningkatkan taraf hidup rakyat.” Katanya.
Lebih lanjut menurutnya, untuk penyerahan bantuan tahap II ini akan berbeda dengan tahap I. Saat ini yang diserahkan antara lain, Gerobak Bakso dan Gerobak Bakmi. Bantuan ini tidak hanya untuk perlegkapan perdagangan tetapi juga diserahkan dari Dinas Pertanian dan Peternakan, sesuai dengan keinginan masyarakat.
Dan kepada Bupati Lumajang, Sarifah berpesan agar bantuan ini nantinya bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. “Perlu juga adanya pendampingan dari Pemerintah Kabupaten Lumajang agar dalam memberikan bantuan itu tidak salah sasaran.” Katanya lagi.
Bupati Lumajang DR. Sjahrazad Masdar, MA dalam memberikan sambutannya, mengucapkan terima kasih kepada Dinas provinsi Jawa Timur, yang masih peduli dengan Kabupaten Lumajang.
“Dengan diberikannya bantuan Jalinkesra RTSM,  hari ini kita menerima bantuan untuk 8 Kecamatan untuk 181 KK, antara lain Kecamatan Lumajang 53, Sumbersuko 5, Candipuro 27, Pronojiwo 2, Tekung 2, Randuagung 33, Jatiroto 17 dan Kecamatan Yosowilangun 3, dan sisanya akan diserahkan pada bulan September 2012.” Jelasnya.
Masdar berharap, apa yang diberikan ini, agar betul-betul dimanfaatkan dan jangan dijual lagi kepada yang lain. Dan diharapkan program ini bisa bermanfaat bagi RTSM, karena tugas dari Pemerintah adalah melayani masyarakat.(ami/hms)