Berhenti Mendadak, Motor Seruduk Bus


Lumajang, Memo
Bus restu saat berada di satlantas
Mahmudi (17), asal Desa Sumber Petung, Kecamatan Ranuyoso harus berbaring dirumah sakit Dr.Haryoto Lumajang atas luka di kaki dan tangan serta serta dahi lantaran motor   yang dikendarai membentur body bus Restu. Hingga kemarin korban masih dalam perawatan intensif Rumah sakit setempat.
Sumber Memo menjelaskan, siang itu korban dari arah selatan dengan mengendarai sepeda motor jenis Honda GL max dengan nomor polisi N 3188 Z melaju dengan kecepatan yang cukup tinggi. Ditengah perjalanan tiba – tiba menyalip sebuah bus restu dengan nomor polisi N 7165 UG yang dikemudikan oleh Saiful Rosidi (46), warga Desa Jabon Kecamatan Jombang Surabaya dan langsung berhenti menepi hendak mengambil penumpang.
Hal ini membuat korban kelimpungan dibuatnya, dengan spontanitas korban ngerem motornya. Namun karena jarak keduanya  sangat berdekatan upaya banting setirpun nampaknya sia – sia motor korban tetap juga menghantam body bus bagian pojok sebelah kanan.  Akibatnya korban ndlosor ke bawah body bus bagian belakang  sedang motor korban terpelanting kekanan jalan hingga beberapa meter.
Kejadian ini mengundang warga sekitar berhamburan mendatangi lokasi kejadian untuk memberikan pertolongan terhadap para korban. Tiba dilokasi warga langsung mengevakuasi korban ke rumah warga, karena dilihat korban merngalami luka yang berdarah – darah dikaki dan tangan dan takut terjadi sesuatu pada diri korban.
Saat itu juga korban dilarikan ke Puskesmas terdekat untuk mendapatkan perawatan dari pihak medis. Tiba disana korban langsung mendapatkan perawatan serta jahitan atas luka yang dialaminya. Namun karena kondisi korban sangat lemah takut terjadi sesuatu yang tak diinginkan ahirnya korban langsung dirujuk ke Rumah Sakit Dr. Haryoto Lumajang untuk mendapatkan perawatan medis yang lebih optimal.
Sedang kondisi motor milik korban mengalami rusak pada bagian depan seperti sok bengkok, sepedo meter pecah tangki penyok serta peleg sedikit melengkung. Peristiwa ini  sempat membuat arus lalu lintas mengalami kemacetan hingga beberapa ratus meter, namun setelah petugas bersama warga berhasil mengevakuasi korban dan motornya situasi arus lalu lintas beransur – ansur kembali normal seperti biasanya.
Kasat lantas Polres Lumajang AKP. Rony Edy Yusuf, SH yang didampingi Kanit Laka Iptu Gunawan ketika dikomfirmasi siang kemarin, membenarkan akan kejadian kecelakaan lalu lintas antara pengendara sepeda motor dengan bus angkutan umum TKP jalan Raya Dusun Penawungan Ranuyoso.
“Hasil olah TKP kecelakaan ini disebabkan kurang waspada dan kurang hati – hati keduanya, sopir bus saenaknya berhenti sedang pengendara motor kurang waspada ketika didepannya ada bus hendak berhenti. Keduanya kurang waspada dan kurang hati – hati akibatnya ya seperti ini.” Ungkap Gunawan.
Gunawan juga menghimbau kepada semua pengguna jalan agar selalu waspada dan berhati – hati dijalan raya,apalagi dalam minggu terahir ini cuaca mulai tidak bersahabat dari pagi hingga malam hujan rintik – rintik mewarnai kota Lumajang sehingga membuat pandangan kedepan agak kabur.(cw7)