Benahi Kabel, Truk Gandeng Nyaris Terbakar


Lumajang, Memo
Gara – gara kabel konslet, truk gandeng dengan  nomor  polisi N 8968 UR sarat muatan nyaris terbakar. Peristiwa ini terjadi di halaman parkir SPBU Kedungjajang kemarin malam sekitar pukul 21.15 WIB.  Tak pelak, peristiwa tersebut sempat membuat heboh warga sekitar.
Sumber Memo menjelaskan, malam itu truk gandeng yang dikemudikan oleh Suraji (45), asal Kecamatan Balung, Jember, sedianya hendak menuju ke Sidoarjo, dengan membawa muatan berupa jagung dan padi kering. Dalam perjalanan  dari Jember hingga Wonorejo Lumajang pengemudi truk merasakan tidak nyaman seperti ada masalah pada bagian mesinnya.
Tiba dilokasi parkiran SPBU Kedungjajang, akhirnya pengemudi memilih untuk berhenti guna  membenahi mesin yang   kurang beres tersebut, mengingat perjalanan yang akan ditempuh masih jauh.
Pengemudi bersama kernet kemudian turun melakukan pengecekan terhadap saluran kabel minyak dan saluran kabel ke aki. Setelah selesai dilakukan pengecekan serta pembenahan baik pada kabel saluran ke aki, pengemudi truk ini langsung memerintah kernet untuk menghidupkan mesin truk.
Pada awalnya mesin truk tidak bisa hidup, lalu dilakukan pengecekan dan pembenahan pada kabel lain bersama skring yang dirasa kurang tepat posisi peletakkannya. Dirasa semuanya sudah beres, pengemudi truk ini menyuruh kernetnya untuk menghidupkan lagi mesin truk tersebut.
Saat mesin dihidupkan,  tiba-tiba asap tebal yang keluar dari dalam body truk disertai  dengan percekin api. Mendapati hal seperti itu, kernet bersama sopir langsung berteriak minta tolong. Mendengar teriakan minta tolong satpan pom bensin bersama warga yang berdekatan dengan pom bensin langsung berhamburan menuju kelokasi truck berada.
Selanjutnya, satpam, karyawan bersama beberapa wargakemudian mengambil beberapa alat pemadam api yang tersedia di pom bensin, dalam waktu sekejap kobaran api yang hampir saja membakar truk bersama barang muatan yang dibawanya berhasil dipadamkan.
Menurut H. Ahmad yang rumahnya sebelah pom bensin, malam itu ia juga turut memadamkan api yang nyaris membakar truk tersebut. “saya malam itu juga ikut memadamkan apinya, mas” ungkap Ahmad.(cw7)