Sebagian Dana PNPM Masih Ngendon di Masyarakat


Ka. Biro Lumajang
Khurul Fatoni



Lumajang, Memo
Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Lumajang untuk tahun 2011 dan 2012 masih banyak yang macet di tangan masyarakat. Salah satu program yang macet itu ialah program simpan pinjam, yang diambilkan dari sebagain dana PNPM itu sendiri.
Menurut Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Lumajang, Herman Wibowo ketika dikomfirmasi memo (7/6)  siang kemarin, kendala Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat berkutat pada persoalan simpan pinjam yang dinilai masih mengalami kemacetan.
Hal ini menurutny harus mendapatkan perhatian serius oleh petugas dilapangan. Dengan melakukan pendekatan dan pembinaan serta komunikasi sehingga dimungkinkan dari apa yang dilakukan, bisa saling memberi jalan keluar atas persoalan yang menjadi kendala akhir-akhir ini.
Herman menambahkan, untuk tahun 2012 ini, alokasi anggaran untuk Program Nasioanal Peberdayaan Masyarakat di Kabupaten Lumajang, sedikitnya kisaran 23 milyard. Masing – masing desa mendapatkan kucuran dana tersebut untuk pelaksanaan pembangunan fisik atau non fisik dan sebagiannya lagi digunakan untuk simpan pinjam.
“Meski ada kendala di internal misalnya tentang macetnya simpan pinjam yang masih berkutat di masyarakat, Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat untuk Kabupaten Lumajang secara keseluruhan sesuai audit internal mengalami perkembangan yang di nilai cukup baik dari tahun sebelumnya”. Pungkasnya.(cw7)