Satlantas Polres Lumajang Gelar Operasi Simpatik 2012


Lumajang, Memo
Dalam rangka menumbuhkan sopan santun dalam berlalulintas demi menciptakan keselamatan sesama pengguna kendaraan bermotor di jalan raya. Kapolres Lumajang,AKBP Susantao, SH,MH  di dampingi Kasatlantas Lumjang, Rony Edi Yusuf, SH, menggelar Operasi Simpatik 2012.
Operasi Simpatik yang dicanangkan selama 21 hari terhitung sejak tanggal 1 juni sampai 21 juni 2012. Bertujuan memberikan edukasi dan sosialisasi kepada seluruh masyarakat khususnya pengendara kendaraan bermotor untuk mematuhi peraturan lalu lintas di jalan raya.
Tujuan dari OperAsi Simpatik 2012 ini antara lain, mewujudkan jalan raya sebagai tempat yang bersahabat dengan kita, bukan menjadi tempat yang mengancam harta dan jiwa kita dengan cara berprilaku sopan santun dan mematuhi peraturan lalu lintas.
Selalu berlaku tertip di jalan raya, tenang/sabar dan tidak emosi serta penuh konsentrasi dalam mengemudikan kendaraan bermotor, sikap seperti itu akan mencegah dan meminimalisir terjadinya kecelakaan lalu lintas.
Jangan menggunakan HP atau melihat televise di dalam mobil pada saat mengemudikan kendaraan karena itu sangat mempengaruhi kosentrasi dalam berkendara.
Bagi pengendara sepeda motor, hendaknya jangan berboncengan lebih dari 2 orang, jangan membawa barang berlebihan, jangan berliku-liku (zig-zag) di jalan raya, berjalan melawan arus, menyerobot dan menyalip saat lalu lintas macet karena perbuatan tersebut sangat membahayakan pengendara lain.
Disamping itu, apabila mengemudikan kendaraan bermotor di jalan raya agar memperhatikan hal-hal sebagai berikut, yaitu, pada saat mengemudikan kendaraan, pastikan fisik dalam keadaan sehat serta sebelum berangkat pastikan menyiapkan surat-surat kendaraan dan indentitas seperti SIM, STNK seta KTP.
Serta pastikan kendaraan anda dalam kondisi baik dan siap pakai, jangan lupa jika mengendarai sepeda motor menggunakan Helm yang baik dan benar. Namun bila anda menggunakan kendaraan mobil, pastikan menggunakan Safety Belt.
Ada baiknya juga apabila hendak bepergian selalu berdoa terlebih dahulu, mematuhi semua peraturan lalu lintas, serta mengutamakan keselamatan diri juga orang lain, serta selalu memperhatikan batas kecepatan dan selalu menjaga jarak dengan kendaraan lainya.
Menurut Rony, bahwa penyebab maraknya kendaraan di jalan raya adalah karena pengendara kurang patuh kepada peraturan, tidak menyalakan lampu pada malam hari, kendaraan roda dua berboncengan tiga serta pengendara dipengaruhi minuman yang berakhohol.
“Kami menghimbau kepada masyarakat yang menggunakan kendaraan bermotor untuk selalu mematuhi peraturan lalu lintas, agar  bisa menekan kecelakaan lalu lintas yang bisa mengakibatkan kematian sia-sia di jalan,” tegas Kasat Lantas mendampingi Kapolres Lumajang.(cw6)