Menyambut HUT Bhayangkara ke 66


Samsat Terapkan Pelayanan Prima
Lumajang, Memo
Kasat Lantas Polres Lumajang AKP Ronny Edy Yusuf. SH
Para pemilik Kendaraan bermotor, baik itu roda dua maupun roda empat akan mendapatkan layanan maksimal dari pihak Polres Lumajang, khususnya di bagian Satlantas Reg Iden Ranmor, hal ini seperti diungkapkan Kapolres Lumajang AKBP Susanto, Sik. SH. MH melalui Kasat Lantas Polres Lumajang AKP Ronny Edy Yusuf, SH didampingi IPTU Slamet Santoso kanit Reg Iden Ranmor Satlantas Polres Lumajang.
Menyambut Hari Ulang Tahun Bhayangkara ke 66 tahun, pihaknya memberlakukan layanan prima pada semua pemohon yang akan melakukan perpanjangan STNK baik roda dua maupun roda empat.
            Adapun ketentuannya ialah, masyarakat dilarang menggunakan calo, sehingga penerapan sistim pelayanan prima dibidang Satlantas khususnya Samsat Polres Lumajang akan berjalan maksimal, “Kami akan berupaya melayani semaksimal mungkin,” tutur priya kalem yang dikenal dekat dengan awak media ini.
Prosedur perpanjangan akan dilakukan secara cepat dan maksimal, masyarakat menunggu prosesnya kurang lebih hanya 5 menit langsung selesai, “Ini wujud partisipasi kami dalam melayani masyarakat mas,” imbuhnya.
Bagi masyarakat yang ingin melakukan perpanjangan bisa hadir selama satu minggu di jam kerja. Apalagi untuk pelayanan,  kali ini pihaknya juga telah menambah jam kerja bagi para petugas di kantor Samsat Reg Iden kendaraan bermotor.  Jika awalnya hanya  dari pukul 08.00 12.00 WIB  kini di perpanjang dari buka pukul 08.00 – 13.30 WIB.
“Dengan penambahan waktu ini, kami akan terus melakukan pelayanan prima dan meminta masyarakat untuk memberi masukan kepada kami terkait dengan masih banyaknya kekurangan yang ada di kami,” jlentrehnya.
Selain memperpanjang jam operasional pelayanan, Samsat  juga telah menerapkan Sim dan Samsat keleliling malam ketika memasuki ahir pekan, yang dipusatkan di titik keramaian. Sehingga masyarakat dengan mudah menjangkauanya”, bebernya.
Dalam meningkatkan pelayanan yang lebih prima juga meningkatkan pelayana dalam sarana prasarana, kini  telah di konsep Samasat Pay Mant Point yang ini sudah diterapkan di Kecamatan Yosowilangun dan Kecamatan Pasirian.
Juga meningkatkan rasa keamanan khusus diloket cek fisik dimana selain mengecek keabsahan kesesuaian dokumen kendaraan dengan fisiknya juga mengecek masalah keselamatan dan fungsi keselamatan yang sesuai dengan keselamatan kendaraan bermotor di Indonesia.
Yang meliputi karoserinya dan rancang body kendaraan bermotor misalnya lampu, spion, kondisi ban melalui tinggi lebar dan panjang, panel kontrol nya khusus kendaraan roda empat dan seterusnya juga ditambahkan dengan sabuk pengaman.
Dengan begitu sangat diharapakan kepada masyarakat untuk melakukan cek fisik kendaraannya dengan proses melalui pajak kendaraan bermotor harusnya dilengkapi sesuai dengan ketentuan yang ada. Sehingga tidak ada istilah rumit dan  bertele – tele.
Khusus untuk registrasi identifikasi melakukan upaya ini semata – mata untuk meningkatkan sistim keselamatan, sistim kenyamanan, sistim ketertiban berlalulintas dengan berkendaraan.
Dengan maraknya kecelakaan lalu lintas dijalan raya, Reg Identifikasi juga melakukan terobosan agar masyarakat lebih paham akan berlalu lintas yang baik serta memahami Undang–Undang (UU) Lalu lintas yang benar dengan memperketat serta menertibkan dalam pengambilan Surat Ijin Mengemudi (SIM) dan juga melalui cek fisik.
Dalam meningkat pelayanan yang lebih baik lagi, Samsat Lumajang juga telah melakukan pembenahan ruang tunggu yang lebih baik dan lebih nyamaan. Pembenahan sistem antrian sehingga tidak berjubel, pembenahan tempat parkir yang lebih nyaman dan aman. Dan   penambahan smoking area.
Selain itu samsat Lumajang juga telah berkoordinasi dengan Ditlantas Polda Jatim agar bisa di pasang aplikasi tentang penerbitan BPKB secara elektronik baik penulisan Identitas kendaraan bermotor, penulisan identitas pemilik maupun tanda tangan Kapolres secara elektronik.
            Dengan demikian diharapkan proses penerbitan BPKB singkat dan praktis, dengan nama BPKB Smart.  Dengan bulan bhakti  pelayanan prima ini, sangat diharapkan oleh kami apabila masih ada adan didapati pelayana yang masih kurang puas, menurut masyarakat, kami  membuka ruang untuk dilakukan komplain langsung kepada petugas.(adv/cw7)