Empat Sekawan Rampas Motor


Lumajang, Memo

Akibat ulah nekat 4 pelaku perampasan sepeda motor, yang usianya masih di bawah umur  ini, akhirnya harus membuatnya berurusan dengan polisi. 3 dari 4 pelaku berhasil diringkus masing-masing berinisial Dy (16), asal Desa Bagu, Kecamatan Pasirian dan kedua temanya berinisial Can (16), dan Had (17), beralamat sama di Dusun kajaran, Desa Bades, Kecamatan Pasirian,  berhasil di bekuk tim Reskrim Polres Lumajang.
Sedangkangkan Hari, (20), otak dari pelaku peramapasan tersebut berahasil kabur. Peristiwa penangkapan itu terjadi pada Selasa (5/6) siang sekitar pukul 13.00 Wib, ketika itu Can dan Had sedang berada di Stock feel pasir yang ada di sekitaran rumahnya.
Sedangkan Can, ditangkap petugas saat akan menjual sepada motor hasil kejahatan tersebut di jalan raya Kecamatan Tanggul, Kabupaten Jember. Saat berada di Mapolres Lumajang, ketiganya mengaku kepada wartawan kalau aksi perampasan tersebut atas ajakan temannya yang bernama Hari.
Aksi perampasan tersebut dilakukan pada Sabtu (2/6) sore kemarin, Dia berangkat dari rumahnya berempat dengan menggunakan sepeda motor. Sesampai di area Gunung Tambu, Desa Bagu, Kecamatan Pasirian, mereka mendapati ada sepasang muda mudi yang sedang dimabuk cinta.
Kemudian keempat kawanan tersebut langsung menghampiri korban yang sedang bermesraan di semak-semak rerimbunan pohon tersebut. “Saya sempat mengancam akan membacok kalau korban tidak mau memberikan sepedanya.” aku Can kepada Memo, yang saat itu membawa sajam disembunyikan dipinggangnya.
Mungkin karena korban ketakutan, akhirnya sepeda motor Honda Supra X 125 warna hitam, sekotlet oranye miliknya itu diserahkan kepada pelaku. Setelah menguasai sepeda motor korban, akhirnya keempat pelaku langsung kabur.
Malam itu korban langsung melaporkan peristiwa perampasan tersebut ke Mapolsek Pasirian dengan menceritakan ciri-ciri dari keempat pelaku. Mendapat keterangan dari korban, akhirnya malam itu petugas langsung mengadakan penyelidikan dan pengejaran terhadap keempat pelaku tersebut.
Alhasil, rupanya penyelidikan dan pengejaran yang dilakukan oleh tim reskrim Polres Lumajang, mendapatkan titik terang. Pentugas mendapat informasi kalau pelaku perampasan tersebut adalah 4 kawanan yang beriniasial Dy, Can, Had, dan Hari yang sekarang masih kabur.
Dari informasi itulah akhirnya Polisi dengan mudah menangkap ketiga pelaku, sedangkan satu lagi otak dari perampasan yaitu Hari, hingga berita ini diturunkan pelaku masih kabur dan masih dalam pengejaran petugas Polres Lumajang.
Kasat reskrim polres Lumajang, AKP Kusmindar, SH, mendampingi Kapolres Lumajang AKBP Susanto, SH,MH. Membenarkan atas penangkapan pelaku perampasan tersebut,” Kami masih melakukan pengejaran terhadap satu pelaku yang masih kabur, sementara ketiganya masih saya amankan sambil menunggu proses lebih lanjut,” tegas Kusmindar. (cw6)