Asyik Nongkrong, maling Motor Diringkus


Lumajang, Memo
Pelaku specialis pencurian sepeda motor   berhasil ditangkap jajaran reskrim Polsek Jatiroto (7/6) kemarin sore. Pelaku ini,  ditengarai  adalah komplotan  pelaku kejahatan antar Kabupaten. Bahkan diduga kuat, sudah banyak orang yang menjadi korban atas perbuatannya.
Solihin bin Sahfad 24 tahun asal Dusun Rowotambing Desa Tunjung Kecamatan Randuagung Lumajang. Kini pelaku masih menjalani pemeriksaan secara intensif di Mapolsek setempat. Bahkan, atas tertangkapnya pelaku, petugas saat ini masih mengembangkan ke beberpa TKP yang lain.
Dari hasil pemeriksaan sementara, menurut Kapolsek Jatiroto, AKP. M Toha ketika dikomfirmasi  memo, banyak  keterangan yang diperoleh, kalau tersangka adalah specialis curanmor antar kabupaten. “Bahkan pelaku mengakui kalau aksinya hanya beberapa kali dilakukan dengan TKP yang berbeda” ungkap Toha.
Bahkan menurut Toha, pelaku ini benar – benar specialis curanmor yang  dalam aksinya sangat rapi dan juga tergolong sangat licin. “Perkiraan saya, untuk  daerah Lumajang sudah banyak yang menjadi korbannya, sayang pelaku baru kali ini bisa di tangkap.” Katanya lagi.
Seentara itu, menurut sumber  dikepolisian mengatakan, jika sebelum pelaku ketangkap   beberapa hari kemarin aksi yang sama dilakukan oleh pelaku di kabupaten Probolinggo , namun pelaku tidak berhasil ditangkap oleh petugas. Dengan informasi data dan ciri – ciri yang sudah dikantongi, Petugas Polsek Jatiroto akhirnya berhasil menangkap pelaku.
Dengan banyak informasi dari luar yang dapat dihimpun, Toha akan  melakukan penyelidikan  yang mendalam kepada pelaku. Sehingga dengan demikian sepak terjang pelaku akan diketahui tkp mana saja yang pernah dilakukan serta mengorek  siapa saja yang menjadi komplotannya.
Pelaku berhasil ditangkap berawal dari informasi Polsek Klakah pada hari jumat  minggu kemarin, kalau di wilayah hukum nya telah terjadi pencurian sepeda motor jenis Yamaha Vega R dengan nomor polisi N 4931 YE saat diparkir didepan Puskesmas Klakah lengkap dengan ciri – ciri pelaku “. Ujarnya.
 Korban pencurian itu ialah, Misbahul Munir (19),  asal Desa Kebonan, Kecamatan Klakah. Kejadian  bermula saat korban hendak berobat ke Puskesmas. Saat di Puskesmas korban memarkir motornya dengan kunci stang. Setelah selesai berobat, korban menuju ke motornya yang sedang diparkir. Betapa kagetnya ketika sampai ditempat parkir motor miliknya tidak ada ditempat. Korban bertanya pada semua orang disekitar Puskesmas namun semuanya mengaku tidak tahu.
Karena panik korban terus mendatangi Polsek Klakah untuk melaporkan kejadian ini. Dalam pemeriksaan dihadapan petugas menceritakan kronologis sejak dari awal hingga hilangnya motor. Berdasarkan laporan itu Polsek Klakah langsung melakukan olah TKP serta mencari informasi dan keterangan dari warga sekitar Puskesmas. Petugas langsung melakukan pengejaran namun upaya sia – sia.
Namun dasar lagi apes,  Saat jajaran Polsek Jatiroto melakukan patroli  di wilayah Desa Kaliboto pada sore kemarin, petugas melihat beberapa remaja yang nongkrong di pertigaan jalan, ternyata salah satunya ialah pelaku beserta sepeda motor hasil curian tersebut. Mendapati hal demikian, petugas langsung menghampiri tersangka dan menanyakan kelengkapan surat – surat motornya.
Namun setelah dilakukan pemeriksaan, tersangka tidak bisa mengeluarkan surat – surat motor miliknya. Petugas langsung menggelandang tersangka bersama motor nya. Sesampai di Mapolsek  Jatiroto, petugas terus melakukan pemeriksaan terhadap tersangka.
Dalam pemeriksaan itu, tersangka di hadapan petugas mengakui semua aksinya. Menurutnya pertama  ngambil sepeda di Banyuanyar Probolinggo jenis honda supra fit dan yang terahir ngambil di tempat parkiran Puskesmas Klakah  jenis Yamaha Vega R.
Berdasarkan pengakuan pelaku itulah Kapolsek Jatiroto langsung menghubungi  Kapolsek Klakah sekaligus menyerahkan pelaku bersama barang bukti nya sebuah sepeda motor jenis yamaha Vega R.
Terpisah, Kapolsek Ranuyoso AKP. Octa Pandjaitan, SH ketika dikomfirmasi membenarkan,  apa yang sudah dijelaskan oleh Kapolsek Jatiroto, bahwa  Ranuyoso hanya ketempatan TKP nya saja sedangkan yang berhasil menangkap pelaku adalah jajaran  Polsek Jatiroto. Namun sebelumnya kita saling koordinasi informasi pada setiap kejadian.
“Pelaku bersama barang buktinya sudah di terima dari Polsek Jatiroto dan saat ini sudah diamankan di Mapolsek Klakah guna pemeriksaan lanjutan serta menunggu proses hukum selanjutnya”. Bebernya. (cw7)