Polres Lumajang Gelar Operasi Patuh 2013




Lumajang, Memo
Dalam rangka untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada seluruh pengguna kendaraan bermotor di jalan raya. Satlantas Polres Lumajang bersama anggota dan Propam Polres Lumajang menggelar operasi patuh 2013 selama 14 hari beturut-turut.

Adapun, pelaksanaan Operasi Patuh itu telah dilakukan sejak tanggal 4 Juli kemarin yang dimulai pukul 00.00 Wib, dan akan berakhir pada tanggal 17 Juli 2013  mendatang. Untuk tindakan yang akan diperlakukan dilapangan yaitu untuk tidakan preemtif 25 persen, tindakan preventif  25 persen dan 50 persennya lagi tindakan hukum sesuai pelanggaranya.
Demikian yang disampaikan oleh Kasat Lantas Polres Lumajang, AKP Rony Edy Yusuf mendampingi Kapolres Lumajang, AKBP Singgamata kepada sejumlah wartawan. Menurutnya, sebelum operasi itu digelar atau diperlakukan dilapangan, terlebih dahulu akan dilakukan secara internal kepada seluruh anggota polisi yang ada di jajaran Polres Lumajang.
“Sebelum melakukan operasi dilapangan, kami telah melakukan operasi kepada kendaraan bermotor milik anggota yang ada di Polres Lumajang,” terang Rony. Untuk saksi yang diberikan kepada anggota kepolisian sama dengan saksi yang akan diberikan kepada pengendara kendaraan bermotor yang ada di jalan raya.
Dalam operasi patuh 2013 ini,mengenai surat-surat kendaraan bermotor serta kelengkapannya. Untuk kelengkapan sepeda motor meliputi, 2 sepion kanan kiri harus terpasang dengan baik, roda atau ban harus setandart SNI dan tidak boleh memakai ban kecil, helem setandart SNIdan dilarang menggunakan  kenalpot bronk serta modifikasi yang tidak standart sehingga mengkawatirkan pengendaranya.
Rony memaparkan, tujuan dilakukannya Operasi Patuh 2013 itu sendiri adalah dalam rangka menjelang puasa Ramadhan dan  Hari Raya. Untuk tindakan preemtif serta preventif itu kepada sekolah-sekolah dan masyarakat yang teroganisir. “Sedangkan untuk tindakan hukum akan dilakukan kepada para pengendara kendaraan bermotor yang telah melanggar ketentuan,” tegas Rony lagi.
Lebih jauh Rony juga minta maaf kepada warga, apabila perjalanannya terganggu sebentar karena dihentikan oleh petugas. Ia juga minta dukungan kepada masyarakat, agar pelaksanaan Operasi Patuh dilapangan berjalan aman lancar dan terkendali sesuai dengan harapan kita bersama.
Harapan dengan digelarnya Operasi Patuh 2013 ini, agar tidak terjadi pelanggaran lalu lintas di jalan raya serta mengurangi angka kecelakaan lalu lantas di jalan raya. “Sehingga tercipta keamanan, keselamatan, ketertiban serta kelancaran berlalu lintas di jalan raya,” pungkasnya. (cw6)