Kepergok Curi Gabah, Vario Ditinggal Kabur




Lumajang, Memo                
Belum sempat menikmati hasilnya, pelaku pencurian keburu kabur dengan meninggalkan sepeda motor Honda Vario merah Nopol N 5226 ZU. Pasalnya, saat mencuri tumpukan gabah yang ada diteras rumah, ia kepergok Sanijo (45), pemiliknya. Diteriaki maling, pelaku langsung kabur sambil meninggalkan sepeda motornya.

Peristiwa itu terjadi pada Minggu (30/6) tengah malam, sekitar pukul 23.30 Wib, di teras rumah korban yang ada di Dusun Bonsari, Desa Yosowilangun Kidul, Kecamatan Yosowilangun. Sumber dilapangan menjelaskan, saat itu korban habis panen padi di sawahnya. “Saya heran, masak tumpukan gabah kok malah berkurang,” aku korban kepada tetangganya.
Sebelum  padi hasil panennya itu dijual ke pedagang, korban membawa pulang hasil panennya itu untuk di keringkan terlebih dahulu. Secara tidak sengaja, malam itu ia sedang melihat tumpukan gabah yang ada di teras depan rumahnya itu mulai berkurang.
Dari situlah, akhirnya korban curiga lalu melakukan penyelidikan terhadap pelaku yang mengambil gabah miliknya. Diam-diam, korban sembunyi dibalik tembok rumahnya sambil mengawasi tumpukan gabah itu. Tak lama kemudian, korban mendengar ada sepeda motor yang berhenti di depan rumahnya.
Karena curiga, korban lalu mengintip untuk mencari tahu siapa yang berhenti itu. Ketika sedang mengintip. Ia memergoki ada orang mengambil karung sak berisikan gabah itu yang ada diatas tumpukan itu. Karena tahu jika orang itu adalah pelakunya, spontan korban langsung meneriakinya maling.
Mendapat  teriakan itu, spontan pelaku kaget dan langsung lari sambil meninggalkan sepeda motor yang dikendarainya itu. Tak pelak, warga sekitar rumah korban yang mendengar teriakan itu langsung berdatangan untuk membantu korban . “Saat itu pelaku kabur ketika melihat warga berdatangan Pak,” terangnya.
Semula warga akan membakar sepeda motor yang ditinggal oleh pelaku. Namun karena korban melarangnya, akhirnya sepeda motor itu diamankan. Selanjutnya, petugas Polsek Yosowilangun yang datang ke tempat kejadian perkara (TKP) langsung meminta keterangan dari korban.
Selanjutnya, petugas langsung membawa sepeda motor yang ditinggal oleh pelaku tersebut ke Mapolsek Yosowilangun untuk dijadikan barang bukti (BB). Petugas akan masih melakukan penyelidikan terhadap pelaku sepeda motor yang ditinggal oleh pelaku. 
Kapolsek Yosowilangun, AKP  Budi Setiyono ketika dikonfirmasi tentang pencurian itu menjelaskan, jika sepeda motor pelaku sekarang sedang diamankan di Mapolsek. Dari barang bukti yang ditinggal oleh pelaku tersebut., “Berharap pelakunya bisa terungkap secepatnya,” tegasnya. (cw6)