Mancing Massal Bareng Cak Ajad



Lumajang, Memo
Hari jadi Kabupaten Lumajang (Harjalu) yang ke 757 sebentar lagi tiba. Serangkaian acara telah dipersiapkan oleh Pemerintah daerah untuk menyemarakkan acara tersebut. Bahkan, beberapa acara telah digelar untuk mengawali perayaan Harjalu.
Minggu (18/11) Pemkab Lumajang menggelar acara mincing bareng Cak Ajad panggilan akrab dari Bupati Lumajang Sjahrazad Masdar. Acara tersebut di gelar di kolam pem,ancingan Selokambang.
Kabag Humas Setda Lumajang Eddy Hozayni
Menurut Kepala bagian Humas Setda Lumajang Eddy Hozayni, acara mincing bareng Cak Ajad adalah awal dari peringatan Harjalu ke 757. Selain Bupati, wakil bupati saat itu juga turut berbaur membuka acara tersebut.
Panitia saat itu menyediakan lapak bagi para pemacing sebanyak 400 orang. Namun, antusiasme pemancing ternyata tinggi, sehingga yang datang lebvih dari itu hingga membludak dan tempatnya harus berdesak-desakan.
Sedikitnya tiga ribu ekor ikan disebar dikolam pemacingan dengan tiga jenis ikan, yakni ikan tawes, nila dan tombro. “Jadi para pemacing berburu tiga jenis ikan tersebut,” jelas Eddy kepada Memo.
            Antusias masyarakat sebagai pecinta mancing cukup luar biasa. Mancing dibuka oleh bupati dan wabup. Bahkan ketika member sambutan saat dibukabnya acar mancing massal itu, membuat para peserta tergelak menahan tawa.
 “Kelakar bupati saat itu ialah, kalau memancing itu adalah memancing ikan. Bukan memancing masalah. Sebab, pada prinsipnya masalah itu untuk diselesaikan bukan dipancing-pancing,” katanya sambil tertawa.
Masyarakt atau peserta cukup puas dengan acara tersebut. Apalgi, lokasinya berdekatan dengan kawasan wisata selokambang. Sehingga, peserta masih bertahan dilokasi pemacingan hingga acara selesai.
Sejatinya acara itu dibuka pada pukul 07.30 Wib, tapi peserta sejak pagi sudah tiba dilokasi untuk melakukan berbagai persiapan. Bahkan pemancing paham, kapan ikan akan memakan umpan dan sebaliknya. “Memang sudah menjadi kebiasaan, makanya mereka hapal,” katanya.(ami/hms)