Hujan Satu Jam Jalanan Banjir



Lumajang, Memo
Walaupun hanya diguyur hujan selama hampir satu jam, tapi membuat jalan Raya Mayjen Sukertiyo, Kecamatan Yosowilangun terendam banjir. Kondisi ini harus memeksa pengguna jalan untuk hati-hati dan sedikit mengurangi kecepatannya.
Menurut Setyo, salah satu warga sekitar, lokasi ini memang kerap menjadi langganan banjir. Terlebih jika terjadi hujan cukup deras. "Kalau hujan deras seperti ini, seringnya banjir, " jelasnya kepada Memo kemarin sore.
Kondisi genangan air usai diguyur hujan
Lebih jauh katanya, lokasi jalan agak mencekung juga mempengaruhi air mengantong diare jalan tersebut. Sehingga perlu adanya peninggian badan jalan ataupun membuat saluran pembuangan yang memadai, sehingga air tidak mengantong walaupun hujan turun dengan deras.
Untuk itu, walaupun hujan hanya mengguyur satu jam saja, air dijalanan tersebut langsung menggenang. Yang menjadi kekhawatiran, jika hujannya cukup lama, maka air akan masuk kerumah atau pertokoan milik warga. "Coba sampean lihat, nyaris masuk rumah kan airnya,"jelasnya lagi.
Pantauan wartawan koran ini, akibat genangan air yang datang hanya dalm tempo hampir satu jam saja, sedikit membuat pengendara ekstra hati-hati. Khusunya pengendara sepeda motor. Jika tidak, bukan tidak mungkin kendaraan itu mesinnya akan kemasukan air.
Ada beberapa sepeda motor yang akhirnya macet, mereka terpaksa menuntun kendaraanya untuk mencari bengkel. "Saya pikir airnya tidak dalam," ujar Sahri sambil menuntun sepeda motornya. Kondisi jalan yang terendam airr lebih dari 100 meter.(Ami)