BAZ Ajak Masyarakat Lestarikan Hutan

Lumajang, Memo_Untuk memaksimalkan pengelolaan hutan bersama masyarakat, Badan Amil Zakat (BAZ) Kabupaten Lumajang melakukan rapat koordinasi dengan perum perhutani SKPH Lumajang, tentang giat pelestarian hutan bersama masyarakat, yang berlangsung di kantor wakil Administratur ( Waka ADM) Lumajang, yang terletak di Jalan Jenderal Sudirman Lumajang.

Sekretaris Badan Amil Zakat (BAZ) Kabupaten Lumajang, Atok Hasan Sanusi saat dikonfirmasi sejumlah media mengatakan, giat pelestarian hutan yang segera akan dilakukan oleh BAZ dengan melibatkan masyarakat itu sebagai bentuk perhatian BAZ terhadap kelestarian hutan.

Apabila hutan tersebut dikelola dengan baik, maka akan bermanfaat terhadap kelangsungan kehidupan masyarakat sekitar hutan itu sendiri. ”Kami akan memanfaatkan lahan di bawah tegakan dengan  ditanami tanaman produktif dan hasilnya bisa meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar hutan itu sendiri,” tutur Atok.

Waka ADM Perhutani SKPH Lumajang. H. Misbahul Munir, S. Hut kepada Memo mengatakan  langkah dan terobosan yang dilakukan oleh BAZ Kabupaten Lumajang. patut diacungi jempol. Betapa tidak, karena BAZ memiliki modal besar untuk melestarikan hutan untuk kepentingan masyarakat yang tinggal di sekitaran hutan pada khususnya.

Tukang Bangunan, Temukan Granat Karatan

Kami, perhutani Lumajang mendukung penuh terhadap rencana yang akan dilakukan oleh BAZ. Mudah-mudahan langkah dan terobosan itu segera dilakukan, sehingga hutan yang ada di wilayah Kabupaten Lumajang terus hijau,” ungkap Munir.

Masih kata Munir, pihaknya optimis terhadap langkah yang akan dilakukan bisa menggerus image dan tradisi masyarakat yang semula sering melakukan perambahan dan penguasaan hutan yang tidak pernah memikirkan dampak negatifnya terhadap lingkungan sekitar.

Rencana pelestarian hutan bersama masyarakat yang digagas oleh BAZ Kabupaten Lumajang itu cukup mengena dan patut didukung, karena langkah itu tidak untuk kepentingan BAZ sendiri melainkan untuk kesejahteraan masyarakat sekitar hutan. Jika benar-benar dikelola dengan baik, kami yakin hasilnya nanti bisa meningkatkan perekonomian masyarakat itu sendiri,” pungkas Misbahul Munir. (cho)