Alim Firdaus Insaf di Penjara

Lumajang, Memo_Tim Anti Begal (TAB) Polres Lumajang, sampai saat ini terus memburu kedua pelaku begal sadis komplotan Alim Firdaus yang kini sudah meringkuk di sel tahanan Mapolres Lumajang. Kedua pelaku begal itu bernama Edi (23) dan Rohim (24), keduanya diketahui sebagai warga Dusun Sumber, Desa Sawaran Lor, Kecamatan Klakah.
AKP Heri Sugiono

Kasat Reskrim Polres Lumajang, AKP Heri Sugiono ketika dikonfirmasi Memo Kamis siang (20/8), pukul 13.00 WIB di kantornya mengatakan, sejak tertangkapnya  pelaku begal sadis bernama Alim Firdaus, Tim Anti Begal (TAB) Polres Lumajang sampai siang ini belum pulang, mereka terus melakukan pengejaran terhadap kedua begal sadis itu.

Keberadaan mereka berdua sudah dalam pengawasan Tim Anti Begal. Kami optimis, mereka tidak akan bisa melarikan diri lagi yang lebih jauh. Karena semua jalan sudah dikepung oleh petugas. Kalau sudah oke semua, kami akan menggerebeknya,” ungkap Kasat Reskrim Polres Lumajang, AKP Heri Sugiono.

Menurutnya, sejak dua bulan terakhir ini aksi begal sepeda motor di wilayah Kecamatan Ranuyoso, tepatnya di sepanjang jalur Ranuyoso hingga Jatiroto, marak terjadi. Alhamdulillah, berkat kerja keras Tim Anti Begal yang dibentuk oleh Bapak Kapolres Lumajang, AKBP Aries Syahbudin, akhirnya membuahkan hasil dan mengungkap aksi begal sekaligus menangkap satu dari tiga pelakunya.

Begal sepeda motor yang kerap beraksi di wilayah perbatasan Kecamatan Ranuyoso dengan  Kecamatan Tegal Siwalan selama ini, ya komplotan Alim Firdaus ini. Dari sekian korban begal, rata-rata ngomong kepada petugas ciri-ciri pelaku berwajah tampan, rambut panjang, kurus. Ya Alim Firdaus itu,” ungkapnya lagi.

Pelaku Begal Serang Polisi, Alim Firdaus Didor

Masih kata Heri, keterangan beberapa saksi itu kemudian dipadukan dengan keterangan pelaku Alim Firdaus. Awalnya, Alim Firdaus mengaku tidak pernah melakukan aksi begal sepeda motor, kecuali sekarang ini. Setelah diberikan pencerahan dan motivasi oleh petugas, tanpa diduga dia langsung mengakui semua perbuatannya.

Semua aksi begal sepeda motor yang terjadi di wilayah Kecamatan Ranuyoso dan Kecamatan Jatiroto sejak beberapa bulan kemarin, pelakunya adalah komplotan dari Alim Firdaus. Dia mengaku sudah insaf dan tobat. Meski begitu, kasus begal ini terus kami kembangkan Mas,” pungkas AKP Heri Sugiono. (cho)