Tim Labfor Polda Jatim Lakukan Olah TKP di WCN

Lumajang, Memo_Setelah titik-titik api di pabrik triplek PT Wana Cahaya Nugraha, yang terletak di Dusun Krajan Timur, Desa Karanganom, Kecamatan Pasrujambe yang terbakar pada Jum’at pagi-pagi sekitar pukul 01.30 WIB. 4 hari kemarin dipastikan sudah mati, proses olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) langsung dilakukan oleh Tim Labratorium Forensik (Labfor) Polda Jatim, dibantu oleh sejumlah petugas dari Sat Reskrim Polres Lumajang.
Tim Forensik

Ketua Tim Laboratorium Forensik (Labfor) Polda Jatim AKBP dr. Joko Siswanto saat dikonfirmasi sejumlah media menyampaikan bahwa, kedatangannya Tim Labfor Polda Jatim ke pabrik triplek PT WCN di Lumajang ini, dalam rangka melakukan proses olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) guna mengungkap penyebab terjadinya kebakaran pabrik yang kabarnya telah merugi mencapai milyaran rupiah.

“Apakah terbakarnya pabrik itu ada unsur kesengajaan atau murni kecelakan yang disebabkan korsleting listrik atau penyebab lainnya, Itu yang sedang kami selidiki diawali dengan proses olah TKP ini Mas,” ungkap AKBP dr Joko Siswanto.

Menurutnya, Tim Labfor telah memeriksa satu persatu gudang, utamanya gudang pengeringan kayu olahan bahan triplek yang diduga kuat sebagai penyebab munculnya api hingga terjadinya kabakaran. Namun saat proses pemeriksaan berlangsung, Tim tidak mendapatkan tanda-tanda jika gudang pengeringan itu sebagai penyebab terjadinya kebakaran.

Tim terus beralih memeriksa sejumlah mesin perangkat pembuatan triplek, juga tidak ditemukan tanda-tanda korsleting kabel hingga menyebabkan terjadinya kebakaran. Setelah 4 jam lebih melakukan proses olah TKP, akhirnya Tim berhasil menemukan sumber munculnya titik api hingga menyebabkan terjadinya kebakaran.

“Sejumlah Barang Bukti (BB) termasuk abu kebakaran sudah kami amankan untuk dibawa ke Labfor Polda Jatim guna dilakukan pengujian. Harapannya agar terbakarnya pabrik triplek PT WCN ini bisa terjawab dengan sebenarnya. Apakah pabrik itu terbakar karena unsur kesengajaan atau tidak, ya menunggu hasil Labfor nanti Mas,” pungkas AKBP dr Joko Siswanto.

Ribuan Pil Setan Disita dari Jefri

Sekedar diketahui pabrik triplek PT Wana Cahaya Nugraha yang terletak di Dusun Krajan Timur Desa Karanganom Kecamatan Pasrujambe tepatnya Malam Jum’at pagi sekira pukul 01.30 WIB 4 hari kemarin ludes dilalap si jago merah. Kerugian sementara ditaksir mencapai milyaran rupiah (cho)