Peserta Didik SMP N 1 Lumajang Nihil Narkoba

SMP N 1 LumajangLumajang, Memo_Dalam rangka menekan angka penyalahgunaan narkoba mulai dari Minuman Keras (Miras), Pil Koplo, dan ganja hingga Sabu, Senin (6/4) sekira pukul 08.30 Wib, Sat Reskoba Polres Lumajang bersama Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Lumajang menggelar operasi bebas narkoba 2015 di SMP Negeri 1 Lumajang.

Rehana salah satu siswi kelas IX C saat dikonfirmasi Memo mengatakan, kegiatan sidak mendadak seperti ini sangat mendukung terciptanya sekolah bebas narkoba, meskipun sedikit dibuat kaget dan kelimpungan ketika kelasnya tiba-tiba kedatangan sejumlah orang tidak dikenal dengan berpakaian bebas narkoba dan memeriksa semua isi tas dan HP.

“Saya bersama teman-teman baru tahu jika yang melakukan operasi isi tas dan HP itu adalah polisi dan BNNK. Yang jelas, kami atas nama sekoilah sangat mendukung kegiatan yang dilakukan pak Polisi dan Pak BNNK itu demi terciptanya sekolah kami benar-benar bebas dari narkoba apapun,”tutur Rehana

Hal yang sama juga disampaikan oleh Agus Salim selaku kepala Sekolah SMP Negeri 1 Lumajang, pihaknya sangat mendukung kegiatan yang dilakukan oleh Sat Reskoba Polres Lumajang bersama BNNK pagi ini, mengingat upaya ini harus dilakukan sebagai wujud penyelamatan anak bangsa dari bahaya narkoba.

Sanitasi Tersumbat, Kota Sering Banjir

“Kami sangat mendukung kegiatan operasi bebas narkoba disekolah-sekolah seperti yang dilakukan di sekolah kami pada pagi ini mas. Tentunya, kegiatan ini harus dilakukan secara berkesinambungan,”kata Agus Salim

Kasat Reskoba Polres Lumajang AKP Prio Purwandito kepada Memo menjelaskan, operasi bebas narkoba di sekolah-sekolah yang dilakukan oleh jajarannya bersama BNNK pagi ini tujuannya tidak lain untuk menekan angka penyalahgunaan narkoba sedini mungkin sekaligus memastikan para peserta didik benar-benar bebas dari narkoba.

“Sat Reskoba Polres Lumajang bersama BNNK sepakat untuk bersama-sama menciptakan sekolah mulai dari SMP SMA hingga perguruan tinggi bebas narkoba. Salah satu cara yang dilakukan melalui kegiatan operasi narkoba ke sekolah-sekolah seperti pagi ini,”ungkap AKP Prio Purwandito

Ditanya apabila dalam giat operasi bebas narkoba berhasil menemukan narkoba di salah satu tas peserta didik, dengan tegas AKP Prio menyampaikan tentunya peserta didik yang bersangkutan akan dilakukan pembinaan.

“Yang bisa dijerat dengan hukum adalah pengendarnya, bukan yang orang yang mengkonsumsi. Alahmdulillah, operasi bebas narkoba yang berlangsung dalam waktu 2 jam lebih itu kami tidak mendapatkan satu pun narkoba yang berhasil diamankan. Operasi bebas narkoba terus dilakukan ke semua sekolah se kabupaten lumajang secara bertahap mas,”pungkas Kasat reskoba Polres Lumajang AKP Prio Purwandito

Sementara itu seksi pemberantasan dan pencegahan narkoba  BNN Kabupaten Lumajang  Bambang menyampaikan, pagi ini secara bersamaan BNNK bersama Sat reskoba Polres Lumajang melakukan giat operasi bebas narkoba di dua sekolah. Satu tim melakukan operasi di SMP Negeri 1 Lumajang, satu tim lagi melakukan operasi di SMP Negeri 1 Sukodono.

“Operasi bebas narkoba dilakukan secara mendadak, alhamdulillah dalam operasi di dua sekolah ini nihil dan tidak ditemukan narkoba. Selain itu kami juga melakukan telah melakukan tes urin ke semua peserta didik di masing-masing sekolah hasilnya semua negatif alias bebas narkoba,”tegas Bambang (cho)