Bupati Raih Penghargaan K3 dari Gubernur

Lumajang, Memo_Dianggap berhasil menerapkan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3), Bupati Lumajang Drs. H. As’at Malik selaku pembina perusahaan terkait K3 menerima penghargaan bergengsi dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur yang diserahkan langsung oleh Gubernur Jatim DR. H. Soekarwo di Gedung Negara Grahadi Surabaya Rabu (22/4) sekira pukul 09.00 WIB.
penghargaan bergengsi

Kabag Humas Pemkab Lumajang Bambang Hermanto, SH ketika dikonfirmasi Memo mengatakan, di wilayah Kabupaten Lumajang terdapat 13 perusahaan besar diantaranya RSI, FIF, KM, AOI, IDS, PSW, UMS, GM, ALamindo, Sumber Hidup, Aneka Jaya, UD Sri Rejeki dan Rimba Muda. Masing-masing perusahaan itu mempekerjakan puluhan, ratusan hingga ribuan karyawan setiap hari.

Untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan kerja di sebuah perusahaan, maka Pemkab Lumajang hampir 3 bulan sekali mengundang pimpinan masing-masing perusahaan untuk diberikan pembekalan pembinaan yang tujuannya agar masing-masing perusahaan itu mengedapankan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3).

Alhamdulillah, upaya yang dilakukan oleh Pemkab Lumajang berhasil, terbukti di tahun 2014 kemarin tak satupun ada laporan kecelakaan kerja dari 13 perusahaan yang terus beroperasi ini. ”Pembinaan terhadap 13 perusahaan yang terus dilakukan oleh Bapak Bupati berhasil dan mendapat penghargaan itu,” papar Bambang Hermanto.

Selain Bupati Lumajang, ada 9 Bupati dan Walikota se-Jatim yang juga menerima penghargaan  dari Gubernur Jatim Soekarwo diantaranya Walikota Surabaya, Bupati Gresik, Bupati Sidoarjo, Bupati Pasuruan, Bupati Sumenep, Bupati Tuban, Bupati Lamongan, Bupati Blitar dan Bupati Mojokerto. “Yang menerima penghargaan K3 semuanya ada 10 Bpati dan Walikota,” ungkapnya.

Masih kata Bambang, dalam sambutannya Gubernur Jatim DR. H. Soekarwo mengapresiasi kepada semua perusahaan yang ada di wilayah Jatim yang terus berupaya meningkatkan K3 sehingga di tahun 2014 kemarin hampir tidak ada kecelakaan di masing-masing perusahaan.

Berkas Tersangka Pasir, Segera Dilimpahkan ke PN

“Pak Gubernur berharap pada Bupati dan Walikota agar terus membina perusahaan yang ada di wilayahnya masing-masing untuk terus meningkatkan K3 dan SMK3 dalam rangka meningkatkan kesejahteraan para karyawannya. Itu harapan Pak Gubernur kepada semua Bupati dan Walikota saat menyerahkan penghargaan K3 kemarin mas,” pungkas Kabag Humas Pemkab Lumajang Bambang Hermanto (cho)