Akibat Hujan Lebat Banyak PJU Mati




Lumajang, Memo
Banyaknya lampu penerangan jalan yang rusak akibat di terpa hujan deras di sertai angin kencang beberapa waktu yang lalu, teriknya matahari tak menjadi  hambatan bagi petugas Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lumajang untuk melakukan perbaikan.
Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lumajang Sulsum saat dikonfirmasi Memo kemarin siang mengatakan, sejak sebulan
terakhir ini pihaknya banyak sekali mendapat pengaduan dari masyarakat dan pengguna jalan terkait banyak lampu penerangan jalan umum yang tidak menyala.
Di samping itu ada juga masyarakat  yang datang ke kantor langsung, dan menyampaikan jika ada beberapa tiang lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) tumbang akibat di robohi kayu saat hujan deras.
“Pengaduan yang banyak lewat sms mas, isinya banyak lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) yang tidak menyala di beberapa titik jalan. Padahal baru beberapa minggu kemarin sudah di lakukan perbaikan secara menyeluruh. Itu  dampak dari hujan deras di sertai angin kencang itu mas,” terang Sulsum
Lebih jauh Sulsum menjelaskan, terkait dengan fungsi dan tugasnya pagi itu dirinya  bersama beberapa petugas  khusus perbaikan dan perawatan (PJU) menuju ke lokasi sesuai dengan informasi yang di terimanya.
Disana, petugas langsung melakukan croscek satu persatu pada PJU. Jika di temukan tidak menyala dikarenakan lampu rusak, saat itu terus diganti yang baru. Dan apabila tidak menyala karena korsleting, petugas tidak perlu mengganti tetapi hanya diperbaiki saja.
“Saya tekankan pada seluruh petugas perbaikan dan perawatan PJU senantiasa untuk melakukan crosscek. Jika menemukan PJU tak menyala terus dilakukan perbaikan, jangan sampai menunggu banyak. Itu tekanan saya pada petugas di lapangan mas,”
Disinggung berkaitan dengan lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) di jembatan Grobogan, Kedungjajang, yang sampai saat ini belum menyala Sulsum menjelaskan. Itu kewenangan provinsi mas. 
“ Itu bukan kewenangan Dinas Lingkungan Hidup  Kabupaten  Lumajang mas, tetapi kewenangan Provinsi. Tetapi, selama ini saya sudah banyak membantu selama tidak benturan dengan pekerjaan sendiri. Demi kepentingan masyarakat banyak, saya siap.”ungkapnya. (cw7)