Sanitasi Lingkungan Jadi Contoh Terbaik Nasional



Lumajang, Memo
Tim Kementerian Lingkungan Hidup dan LPPM ITS Surabaya kemarin malam, Rabu (20/03), menggelar sosialisasi sanitasi lingkungan. Ini dilakukan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat khususnya bidang sanitasi lingkungan warga RW 12 Gadingsari Kelurahan Tompokersan.
Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka mendukung salah satu program pemerintah pada program perbaikan lingkungan khususnya bidang sanitasi. Acara yang berlangsung sekitar pukul 19.00 Wib tersebut dihadiri oleh Camat Lumajang, Lurah Tompokersan dan seluruh masyarakat Gadingsari.
Selaku pembicara dalam acara tersebut DR. Ir Edy Sujono anggota LPPM ITS Surabaya. Dalam materi yang disampaikan, Edy Sujono menuturkan bagaimana pentingnya menjaga kebersihan lingkungan, apalagi yang berkaitan dengan sanitasi.
Untuk bidang sanitasi lingkungan, menurut Edy Sujono, Kabupaten Lumajang merupakan salah satu kabupaten terbaik tingkat nasional dan sudah menjadi contoh bagi kabupaten-kabupaten lain.
"Kabupaten Lumajang ini sebenarnya salah satu kabupaten terbaik di Indonesia untuk sanitasi lungkungannya, bahkan bersama Kabupaten Pacitan sudah menjadi contoh nasional," kata Edy Sujono.
Bahkan saat ini, masih kata Edy Sujono, untuk program Open Defecation Free (ODF) atau tidak buang air besar disembarang tempat sangat sulit untuk mengalahkan Kabupaten Lumajang dan Pacitan. "Karena untuk Lumajang sudah dilakukan pembinaan sejak tahun 2004," ujarnya.
Dilain pihak, Joni Volker tokoh masyarakat Gadingsari kepada wartawan mengaku senang dengan adanya kegiatan sosialisasi sanitasi lingkungan yang ditujukan bagi masyarakat khususnya masyarakat Gadingsari.
"Kami sangat mendukung kegiatan seperti ini, karena masyarakat perlu diberi pemahaman tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan sekitar, dan kami juga menyampaikan rasa terima kasih kepada tim Kementerian Lingkungan Hidup dan LPPM ITS Surabaya yang sudah bersedia hadir dan memberi pencerahan kepada masyarakat Gadingsari," kata Joni Volker.(ami)