Pengumuman Cabup Cawabup Ditunda?



Lumajang, Memo
            Pengumuman diterima atau tidak bakal pasangan calon bupati Lumajang yang telah mendaftar di KPUD Lumajang, yang akan dilaksanakan pada tanggal 23 Maret nanti, kabarnya akan ditunda. Hal ini tidak lain karena adanya persoalan keamanan.
            Namun, adanya kabar yang beredar terkait penundaan pengumuman bakal pasangan calon yang lolos ini dibantah keras oleh KPUD Lumajang. Pudholi Sandra, salah satu anggota KPU, meminta agar masyarakat tidak mempercayai kabar burung yang tidak bisa dipertanggungjawabkan.
            Pudholi juga menjelaskan, jika saat ini ia juga risih mendengar kabar tersebut. Sebab, kabar itu ia anggap bisa mengganggu kinerja KPUD. “Tahapan Pilkada tidak akan diundur, kabar itu hanyalah isu saja,” katanya.
            Bahkan ia banyak menerima pertanyaan, baik melalui SMS, telpon atau pertanyaan secara langsung. Tapi ia selalu memberikan jawaban jika pengumuman akan tetap dilaksanakan pada tanggal 23 sedangkan penetapan nomor urut dan pasangan calon pada tanggal 26.
            Sejauh ini kata dia, sebelum dilakukan pengumuman kelolosan bakal pasangan calon, pada tanggal 22 Maret, KPU Lumajang bersama dengan KPU Propinsi akan menggelar rapat pleno. “Tapi saya tidak tahu dimana plenonya,” jelasnya.
            Jika sebelumnya tersiar kabar jika pleno akan di lakukan di Surabaya, namun kata Pudholi tidak menutup kemungkinan pleno akan dilaksanakan di Lumajang. Meski demikian, ia masih menunggu intruksi dari KPU Propinsi.
            Terkait persoalan keamanan saat pengumuman kelulusan bakal pasangan calon, Pudholi mengaku jika jauh-jauh hari sebelumnya KPU telah melakukan koordinasi dengan Polres Lumajang, sekaligus terkait teknis pengamanannya nanti.
            Pengamanan saat pengumuman akan ditingkatkan. Bahkan jumlah personil yang saat ini sudah melakukan pengamanan juga akan ditambah. “Mengenai jumlahnya saya kurang paham, itu ranahnya polres. Yang jelas jumlahnya akan ditambah,” paparnya.(ami)