PDIP Akan Berkoalisi Dengan PKB


Lumajang, Memo
Ka. Biro Lumajang
KHURUL FATONI
            Ada kemungkinan besar Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Lumajang akan berkoalisi terkait Pilkada Lumajang awal tahun depan nanti.
            Rencana koalisi antara PDIP dan PKB ini, disampaikan oleh Ali Mudhori, ketua DPC PKB Lumajang, saat memperingati Haul Bung Karno yang ke 111, di kantor DPC PKB, jalan pisang II, No 1, Lumajang.
            Memang terasa aneh saat PKB memperingati haul Bung Karno, apalagi bukan menjadi rahasia umum kalau Soekarno identik dengan PDI Perjuangan. Namun, peringatan haul yang diselengarakan pada Kamis (21/6), sekitar pukul 16.00, cukup meriah dengan ratusan undangan yang hadir.
            Dalam kesempatan itu, Ali Mudhori menyampaiakan rencana akan berkoalaisi dengan PDI P dalam bursa pilkada nanti, apalagi PDI P diketahui juga memiliki calon sendiri untuk N 1, sedangkan Ali Mudhori juga mencalonkan diri menjadi N 1.
            Untuk itulah, karena sama-sama menjadi calon N 1 atau Bupati, akhirnya ada kesepakatan akan dilakukan survei dengan menggunakan LSI (lembaga survei indonesia). Dan rencananya survei akan dilakukan usai lebaran nanti.
            Ketika survei telah dilakukan, maka pemenang survei nantinya akan menjadi calon N 1 sementara yang kalah akan menjadi N 2. “Ini kesepakatan kita, dan kita sudah legowo dengan hal ini, “ ungkap Ali Mudhori.
            Walaupun demikian, jika nant ia memenagkan survei yang akan dilakukan oleh LSI, maka calon wakil bupati yang digandengnya ia bebaskan mengeluarkan biaya. “Untuk wakil saya nanti, akan saya bebaskan dari semua biaya,” ungkap mantan staff ahli Kemenakertrans ini.
            Persoalan-persoalan demikian, menurut Ali telah sejak lama ia bicarakan dengan Agus Wicaksono, ketua DPC PDI P Lumajang. Bahkan menurutnya, komunikasinya selama ini cukup baik sekali. “Kita berkomunikasinya baik dengan PDI P,” terangnya lagi.
            Sementara itu, Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Lumajang, Solikin yang turut diundang dalam acara haul Bung Karno ini menyampaiakan rasa terimakasihnya, karena PKB telah menyenggarakan Haul Bung Karno.
            Persoalan koalisi, memang ada rencana jika PKB akan berkoalisi dengan PDI P terkait Pilkada di Lumajang nanti. Sebab, saat ini PKB bisa mewakili kalangan religius dan PDI P bisa mewakili kalangan Nasionalis.
            Untuk itulah, dengan bergabungnya dua kekuatan besar ini, nanti akan menjadi kekuatan yang luar biasa. “Saya yakin ini nanti akan menjadi kekuatan yang sangat besar sekali, “ ungkap Solikin.(ami)