Kantor Perpus Terus Tingkatkan Minat Baca Masyarakat


Lumajang, Memo
Kasubag Informasi Humas
Pemkab Lumajang
Sejauh ini, Kantor Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Lumajang terus meningkatkan minat baca masyarakat di pedesaan agar memiliki ilmu pengetahuan yang luas dalam berbagai hal keilmuan. Untuk itu, pihaknya gencar melakukan sosialisasi pada desa-desa untuk mendirikan perpustakaan agar meningkatan pengetahuan dengan melalui buku.

Kepala Kantor Perpustakaan dan Arsip, Dra. Kustiati mengatakan, usai membidik kecamatan didirikan perpustakaan, pihaknya kini melirik adanya perpustakaan dipedesaan. Sebagai contoh di desa Tempeh Tengah Kecamatan Tempeh yang sudah lama berjalan dan sering mendapat bantuan buku darinya. "Tempeh terus berkembang dan pengunjungnya mulai banyak," ujar perempuan berkerudung itu.

Dalam meningkatan minat baca, kantor perpustakaan terus menjalin kerjasama dengan lintas intansi pemerintah Lumajang untuk bisa menyumbangkan buku mengenai apapun. Sehingga, masyarakat mengetahui kerja dari instansi pemerintah yang terus melakukan pelayanan ketingkat bawah.

Kantor Perpustakaan juga mencari bantuan dari lembaga swasata dan pemerintah baik pusat dan propinsi untuk pengadaan buku. Sehingga, masyarakat Lumajang memiliki jendela pengetahuan melalu buku baik dalam pertanian, perkenunan, industri dan sebagaianya. "Lumajang harus cerdas dan melek buku," ungkap Kustiati.

Selain perpustakaan desa, menurut Kustiati, pihaknya juga mengembangkan perpustkaan PKBM yang sudah ada disetiap kecamatan dan desa.
Sementara itu, menurut Yuli Haris Kasubag Informasi Humas Pemkab Lumajang, dengan adanya perpustakaan di tingkat pedesaan, masyarakat tidak perlu lagi repot-repot datang ke kota hanya sekedar untuk membaca atau menambah ilmu pengetahuan.
Untuk itulah, ia meminta agar masyarakat nantinya bisa memanfaatkan ratusan buku yang telah disediakan oleh perpustakaan. “Dengan membaca, oranga akan dapat mengelilingi dunia,” ungkap wanita berkerudung ini.(ami/hms)