DPKD Gelar Bulan Patuh Pajak


Lumajang, Memo
            Untuk membuat masyarakat dan yang lain patuh terhadap pajak, serta mau membayarkan pajak tepat pada waktunya. Berbagai macam cara dilakukan oleh pemerintah, salah satunya ialah menggelar Bulan Patuh Pajak yang di gelar oleh Dinas Pengelola Keuangan Daerah (DPKD).
Sebab jika dilihat saat ini yang terjadi, betapa beratnya untuk meningkatkan kepatuhan dan kesadaran masyarakat dalam membayar pajak, sehingga mengakibatkan pendapatan suatu daerah mengalami penurunan.
Untuk itulah, kegiatan ini dilakukan untuk mengoptimalkan pendapatan daerah , maka kegiatan semacam ini akhirnya dilaksanakan. Sehingga kedepan, kegiatan yang bersifat positif ini bisa mendongkak semua perolehan pajak.
Bulan patuh pajak ialah sebuah kegiatan berbentuk sosialisasi dan optimalisasi pendapatan daerah yang lebih intensif dan komprehensif dalam suatu kegiatan yang terencana, terarah dan terpadu.
Dimana kegiatan ini adalah perpaduan dari kegiatan sosialisasi, penyuluhan, pembayaran keliling, penunjukan desa pilot project bagi pengalihan PBB P2 dan pemberian Reward kepada Wajib Pajak, yang akan dilaksanakan mulai tanggal 1 Mei s/d 30 September 2012 diseluruh wilayah Kabupaten Lumajang.
Adapun rangkaian Bulan Patuh Pajak dilaksanakan dengan berbagai kegiatan, misalnya dengan menandai PIN LUNAS PBB yang bertuliskan ” Saya sudah Lunas PBB Tahun 2012, bagaimana dengan anda?”.
Pin tersebut nantinya akan digunakan oleh karyawan/karyawati Dinas Pengelola Keuangan Daerah mulai tanggal 1 Mei 2012 dengan menukarkan STTS/ Bukti Pembayaran dari PBBnya.
Dimana penggunaan PIN ini adalah merupakan bentuk kepatuhan wajib membayar tepat waktu, serta manjadi Tauladan bagi masyarakat dalam pelaksanaan kewajiban pajaknya. Selanjutnya melakasanakan sosialisasi dan pembayaran keliling di 21 kecamatan secara bergantian mulai tanggal 28 mei s/d 13 juli yang bekerja sama dengan Bank Jatim Lumajang.
Kepada wajib pajak yang patuh melaksanakan dalam pembayaran pajak akan diberikan reward/ hadiah yang dilaksanakan pada masing-masing kecamatan sesuai jadwal yang telah ditentukan.
Nantinya, puncak acara bulan patuh pajak, akan digelar Malam Anugerah Wajib Pajak Patuh, dengan memberikan reward kepada para pemenang dari nominasi Wajib Pajak Patuh, dan juga akan ditetapkan 21 Kelurahan /Desa Pilot Project PBB di Kabupaten Lumajang.(ami/hms)