Pertamina Akan Tambah Kuota LPG 3 kg Di Lumajang


Lumajang, Memo
Nampaknya PT Pertamina Persero akan menambah kuota pengiriman LPG 3 Kilogram pekan ini melalui ekstra dropping. Ini dilakukan Pertamina untuk mengantisipasi kenaikan harga LPG pada tingkat pengecer seperti yang terjadi sepekan terakhir di wilayah Kabupaten Lumajang.
Hal ini disampaikan Herdy Setya Indrawan Sales Representativ LPG Pertamina Rayon 6 ketika ditemui sejumlah wartawan kemarin siang, Rabu (30). Pihaknya sudah melakukan extra droping sejak tanggal 25 Mei lalu disejumlah wilayah di Kabupaten Lumajang.
"Fenomena kelangkaan dan kenaikan harga LPG ini tidak hanya terjadi di Lumajang, Karena pemerintah sedang melakukan upaya pengendalian penjualan secara Nasional untuk melihat apakah LPG 3 kg ini sudah tepat sasaran atau belum," kata Herdy.
Untuk Kabupaten Lumajang, Herdy melanjutkan, pertamina telah menyediakan LPG 3 kg sebanyak 240 ribu tabung per bulan, dan rata-rata penyerapan kebutuhan LPG 3 kg hingga Maret lalu mencapai 210 ribu tabung per bulan. "Itu artinya, tingkat kebutuhan masyarakat pengguna LPG 3 kg masih dibawah kuota yang diberikan Pertamina," ujarnya.
Namun, dalam beberapa pekan terakhir ini, kuota yang diberikan Pertamina itu ternyata tidak mencukupi kebutuhan masyarakat Lumajang, dan setelah dilakukan penelitian ternyata banyak pengguna LPG 12 kg saat ini beralih ke LPG 3 kg.
"LPG 3 kg ini merupakan barang bersubsidi, mestinya konsumennya juga masyarakat yang berhak menerima subsidi, namun kenyataanya sekarang ini banyak masyarakat yang biasa menggunakan LPG 12 kg beralih ke LPG 3 kg, selain itu para pengusaha kecil dan menengah juga banyak yang memanfaatkannya," ungkap Herdy.
Ketika disinggung tentang siapa yang berhak melakukan pengawasan terhadap sebab dan akibat dari kelangkaan LPG 3 kg ini, Herdy menegaskan jika pertamina hanya badan usaha yang ditunjuk pemerintah pusat untuk melakukan pendistribusian LPG 3 kg. "Untuk pengawasan, mestinya ya pemerintah daerah," ujarnya.
Oleh karena itu, mulain bulan depan pertamina akan menambah kuota LPG 3 kg untuk Kabupaten Lumajang menjadi 250 ribu tabung per bulan. "Mudah-mudahan dengan penambahan ini dapat menanggulangi kebutuhan LPG 3 kg di Lumajang," pungkas Herdy.(ami)